Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR ALAT OPTIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI BANCARAN 1 BANGKALANPenulis : LAILATUL FITRIYAHDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri Bancaran 1 Bangkalan merupakan alasan dilakukannya penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran bergambar alat optik yang layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran IPA pada materi alat-alat optik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono. Tahapan model pengembangan Borg and Gall antara lain: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil persentase kelayakan media kartu bergambar alat optik menurut ahli bahasa sebesar 80% (layak), ahli materi 83,6% (layak), ahli media 77,6% (layak), serta ahli desain pembelajaran 75% (layak). Kemenarikan media pembelajaran kartu bergambar alat optik diukur menggunakan angket siswa dengan persentase uji coba produk 83,8% (sangat menarik), uji coba pemakaian 87,8% (sangat menarik) serta keterterapan media sebesar 86,7%(sangat baik). Keefektifan media pembelajaran kartu bergambar alat optik yang diperoleh dari hasil belajar siswa dengan persentase pada uji coba produk sebesar 100% (efektif) dan uji coba pemakaian 95% (efektif). Hal tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran kartu bergambar alat optik telah layak, efektif, sangat menarik dan sangat baik diterapkan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Media Pembelajaran, Kartu Bergambar, Alat Optik, Model Pengembangan Borg and Gall
AbstractionThe lack of learning media usage in science teaching at fifth grade in Bancaran Elementary School is the reason for the research and development. The purpose of the development study is to improve an appropriate product of flashcard learning media that can be utilized as alternative media in science learning especially at optical equipment. The developing model applied are Borg and Gall which have been modified by Sugiyono. The developing section of the learning media consists of 10 steps; potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, product revision, and mass production. Based on the results of the research, it is found the feasibility percentage instructional media flashcard optical equipment according to linguists 80% (feasible), material experts 83.6% (feasible), media experts 77.6% (feasible), and design learning experts 75 % (Feasible). The attractiveness of the instructional media flashcard optical equipment was measured using questionnaire of student is 83.8% (very interesting) of product trial, usage trial is 87.8% (very interesting) and media availability is 86.7% (excellent). The effectiveness of instructional media flashcard optical equipment obtained from student learning result with percentage of product trial is 100% (effective) and usage trial 95% (effective It is define instructional media flashcard optical equipment has been feasible, effective, very interesting and very good applied as sains learning media for fifth grade elementary school student. Keywords: Instructional Media, Flashcard, Optical Equipment, Borg and Gall Development Model