Detail Karya Ilmiah
-
KARAKTER SISWA SDN BANYUANYAR 5 SAMPANG YANG BEKERJA MEMBANTU ORANG TUA MENCARI IKANPenulis : NUR HAYATIDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.sos.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Abstrak: Sebagai salah satu karakter siswa yang bekerja, karakter sangat penting untuk dipelajari dengan serius karena manusia lebih banyak dikenal dengan kepribadian dan tingkah laku yang baik. Dalam proses pengolahan ikan terdapat tiga tahapan yang harus dimengerti oleh seorang siswa, antara lainyaitu proses pengeringan ikan, proses pemanggangan ikan, dan proses pengukusan ikan. Dalam kegiatan pembelajaran IPS dan khususnya karakter siswa, perlu digunakannya teknik yang maksimal untuk membentuk kepribadian siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa yang bekerja membantu orang tuanya mencari ikan serta proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuanyar 5 Sampang dengan informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Adapun informan menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan V SDN Banyuanyar 5 Sampang, dan siswa kelas IV (6 siswa) dan V (6 siswa) SDN Banyuanyar 5 Sampang serta orang tua. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan karakter siswa SD yang bekerja membantu orang tua mencari ikan serta proses pembelajarannya dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Kemampuan siswa dalam berpartisipasi dalam proses pengolahan ikan di rumah cukup baik dan bisa terlaksana dengan baik pula. Kata kunci : Karakter siswa, bekerja, membantu orang tua, dan pembelajaran.
AbstractionAbstract: As one of the characters of working students that help their parents, character must be learned seriously because human are more known from good personality and behavior. In working as fishermen, there are three stages that must be understood by the students. Those components are fish drying process, fish roasting process, and fish curing process. In learning activities, especially the character of students, it needs a maximum technique to build good personality of the students. This study has an objective to know the character of working students that help their parents in fishing and processing the fish. This study uses descriptive qualitative approach. This study is conducted in SDN Banyuanyar 5 Sampang with the informent that selected by purposive sampling. Moreover, the sources of data in this study are fourth and fifth grade teachers of SDN Banyuanyar 5 Sampang, some of fourth and fifth grade students of SDN Banyuanyar 5 Sampang, and parents of the students. The collecting data uses techniques of observation, interview, and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that the character of working elementary students that help their parents in fishing and processing the fish can run smoothly and maximal. The students’ ability to participate in the process of processing the fish at home is quite satisfactory and can be done well. Keywords: the students character, working, help their parents, and enstracer.