Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIVE OBJECT “KOTAK HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP” PADA PEMBELAJARAN TEMA EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI DEMANGAN 1 BANGKALANPenulis : HERMAN HARIANTONODosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran manipulative object “kotak hubungan antar makhluk hidup” yang layak digunakan pada pembelajaran tema ekosistem kelas V SD Negeri Demangan 1 Bangkalan, (2) media pembelajaran manipulative object diharapkan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru terutama materi yang masih abstrak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono. Tahapan model pengembangan Borg and Gall antara lain: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media manipulative object “kotak hubungan antar makhluk hidup” menurut ahli bahasa sebesar 82,2% (layak), ahli materi 89,0% (sangat layak), ahli media 84,3% (layak), serta ahli desain pembelajaran 80,0% (layak). Kemenarikan media pembelajaran manipulative object “kotak hubungan antar makhluk hidup” diukur menggunakan angket siswa dengan persentase uji coba produk 97,7% (sangat menarik), uji coba pemakaian 88,3% (sangat menarik) serta hasil angket ahli pengguna 92,0% (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada uji coba produk 100% dan uji coba pemakaian 93%, sedangkan pada aspek psikomotor pada uji coba produk 100% dan uji coba pemakaian 100%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Manipulative Object, Tema Ekosistem, Model Pengembangan Borg and Gall
AbstractionABSTRACT The purpose of this research is (1) develop lnstructional media manipulative object “Kotak Hubungan Antar Makhluk Hidup" that feasible for use in the learning of ecosystem theme on the fifth grade SD Negeri Demangan 1 Bangkalan, (2) Instructional media manipulative object can expected to facilitate students in understand the material presented by the teacher, especially abstract material. This research uses development model of Borg and Gall has modified Sugiyono. Stages of development model of Borg and Gall, namely: identifying problem, collecting information, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, product revision, and mass production. Based on the results of the research, it is found that the feasibility percentage instructional media manipulative object “Kotak Hubungan Antar Makhluk Hidup" according to linguists 82.2% (feasible), material expert is 89.0% (very feasible), media expert is 84.3% (feasible), and instructional design experts is 80.0% (feasible). The attractiveness of the instructional media manipulative objects “Kotak Hubungan Antar Makhluk Hidup” measured using questionnaire of students with a percentage 97.7% of product trials (very interesting), usage trial is 88.3% (very interesting) and the results of the expert users is 92.0% (very good). Completeness cognitive achievement of students at product testing is 100% and trial use is 93%, while on the psychomotor aspects of the trial products 100% and product testing is 100%. Keywords: Instructional Media, Manipulative Object, Ecosystem Theme, Borg and Gall Development Model