Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN Mlajah 2 Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Aprilia Lutfatul Qhoiriyah
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Yunin Hidayati, S.Si.,M.Si.
    Abstraksi

    Aprilia Lutfatul Qhoiriyah, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Eva Ari Wahyuni, Pembimbing II Yunin Hidayati. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mlajah 2. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen tes dan data kualitatif menggunakan instrumen observasi. Validasi instrumen diperiksa oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli RPP. Validasi isi menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR-20. Hasil analisis instrumen menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel untuk digunakan dalam mengambil data. Uji prasyarat analisis varians menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bervarians homogen. Uji signifikansi diperoleh hasil yaitu thitug = 9.944 > ttabel = 2.056 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitug > ttabel, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Perolehan uji gain ternormalisasi memperoleh hasil yaitu rerataan sebesar 0,412 dengan kategori sedang, sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Kata kunci : Model pembelajaran Inside Outside Circle, pendekatan kontekstual, hasil belajar.

    Abstraction

    Aprilia Lutfatul Qhoiriyah, 2016. The effect model insisde outside circle with contextual of student 4th class of state Elementary School. Thesis, of Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Eva Ari Wahyuni, Advisor II Yunin Hidayati. ABSTRACT The purpose of this study was to determine effect of the learning model inside outside circle with contextual on student learning of IPA class IV. This study is a quantitative study which supported qualitative data. This study was an experimental study by using quasi eksperiment design. The study population was class IV Mlajah 2. Sampling technique used non probability sampling with type saturated sampling. Quantitative data was collected using test instrument and qualitative data was collected using observation instrument. Validation of instrument is checked by a subject matter expert, linguists, and expert RPP. This validation using correlation formula product moment. Instrument reliability test using the formula KR-20. Result of the analysis showed that the valid and reliable research instrument for use in retrieving data. Prerequisite test analysis of varians using test liliefors to determine the normality dan homogeneity test is performed to determine of varians the homogeneous. Namely the significance test result thitug = 9.944 > ttabel = 2.056 at the significance level of 5% which means thitug > ttabel, so that there are significant the effect model insisde outside circle with contextual on student learning of IPA class IV. Obtaining test obtained result are normalized gain amounting 0,412 with the medium category, so it can be stated that model insisde outside circle with contextual on student learning can improve learning outcomes IPA. Keyword: The learning model inside outside circle, contextual approach, learning outcomes.

Detail Jurnal