Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PETAK TEKA-TEKI SISWA KELAS IV MI NURUZH ZHOLAM TRENGGALEKPenulis : palupi mahardikaDosen Pembimbing I : Ariesta Kartikasari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :moh. Edy Nurtamam, SPd., M. SiAbstraksi
Matematika adalah mata pelajaran penting dalam kehidupan manusia. Namun masih banyak siswa mendapat nilai rendah dan tidak tertarik dengan matematika. Sehingga perlu pembelajaran yang efektif agar siswa tertarik dan berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan strategi active learning petak teka-teki dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nuruzh Zholam Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true experimental. Populasi penelitian semua siswa kelas IV berjumlah 41 siswa, sampel penelitian sebanyak 37 siswa dipilih dengan prinsip sampel random sederhana menggunakan Teknik Solvin. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pre-test dan post-test, rancangan perangkat pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung = 12,71 > ttabel = 2,11, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran petak teka-teki terhadap hasil belajar siswa. Penilaian perangkat pembelajaran kategori sangat baik yaitu 3,48, ada pengaruh hasil belajar siswa diperoleh thitung = 12,71 > ttabel = 2,11 dan peningkatan hasil belajar siswa kategori sedang diperoleh rata-rata 0,67, aktivitas siswa kategori baik pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata 72,37 dan pertemuan kedua kategori sangat baik diperoleh rata-rata 81,58. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan petak teka-teki efektif. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Petak Teka-Teki
AbstractionMathematic is an important subject in human life. But, there are many students still get low grade and unterested on it. Therefore, the effectiveness of learning is needed in order to make students are interesting in mathematic and having a role on the learning. The purpose of research knows effectiveness of mathematic learning using activity learning of compartment puzzle strategy and the impact to the result of learning for 4th class elementary school of muslim in Nuruzh Zholam Trenggalek. It is an quantitative research using true experimental design. The population of research in the all 4th class elementary school is 41 students, the sample of research is 37 students who choose a simple random sampling principle using Solvin Technique. The instrument which is used such us, the question of test is a result of learning considered to pre-test and post-test, planning of equipment learning and observation paper of student activity. The research of trial hypothesis uses the t-test with the result tcount =12,71 > ttable = 2,11, therefore there is significant impact between compartment of puzzle to the result of student learning. Presentage of equipment learning which considered to the best category is 3,48, the impact of the result of learning is get tcount =12,71 > ttable = 2,11 and increasing the result of student learning in middle category is get with the everage 6,67, the best category of student activity in the first meeting is get with the everage 72,37 and the best category in the second meeting is get with the everage 81,58. Therefore, it can conclude that learning use compartment of puzzle is effective. Key Word: The Effectiveness Of Learning, Mathematic Learning, Compartment Of Puzzle