Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Miniatur Kenampakan Bumi Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Bentuk Permukaan Bumi Kelas III Semester II.
    Penulis : Imam Ansori
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi adanya masalah pada proses pembelajaran yaitu siswa kurang aktif dikarenakan pembelajaran masih sederhana tanpa bantuan media pembelajaran terutama pada Mata Pelajaran IPA. Maka dari permasalahan tersebut, ingin mengembangkan “media miniatur kenampakan bumi” pada mata pelajaran IPA tentang bentuk permukaan bumi kelas III semester 2. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan. Tahapan tersebut antara lain: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, produksi massal. Instrument yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu pengumpulan data berupa angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil presentase kelayakan media miniatur kenampakan bumi menurut ahli media pembelajarn adalah 79% (cukup valid, cukup efektif, cukup tuntas, perlu perbaikan kecil), menurut ahli desain pembelajaran adalah 83% (sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dapat digunakan tanpa perbaikan), menurut ahli isi atau materi adalah 87% (sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dapat digunakan tanpa perbaikan), dari hasil uji coba kelompok kecil 93%, kemudian dari hasil uji coba kelompok luas 92%. Dapat disimpulkan bahwa media miniatur kenampakan bumi layak digunakan pada mata pelajaran IPA tentang bentuk permukaan bumi . Kata Kunci : Pengembangan, Media Miniatur Kenampakan Bumi, IPA, Bentuk Permukaan Bumi

    Abstraction

    This development research is motivated by a problem of the learning proccess which students are passive because of the lessons are simple without media tools support, especially in science subject. From this problem want to develop “ a miniature of the earth appearance medium” in science subject concerning to the shape of the earth’s surface for third grade second semester of elementary school. This development uses Borg and Gall development model that has 10 steps. The steps are : problems identification, information submission, product design, design validation, product upgrade, product test, product revision, examination testing, final revision product, mass production. Instruments used in this development research are collecting data which are questionnaire, interview, and documentation. Data analysis techniques used in this research are descriptive qualitative analysis and descriptive statistics. Based on research that has been done by an expert it shows that the percentage of validity miniature of the earth appearance medium is 79% (quite valid, effective, final enough, need minor re-arrangements ), according to instructional design expert is 83% (very valid, very effective, final , can be used without re-arrangement ), according to content/material expert is 87% (very valid, very effective, final, can be used without re-arrangement ), based on small group experiments is 93%, while from large group experiments is 92%. It can be conclude that a miniature of the earth appearance medium proper to use in science subject concerning to the shape of the earth’s surface. Keywords: Development, miniature media appearance of the earth, natural science, subject the shape of the earth's surface

Detail Jurnal