Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Wul a nda r i , Me i vi Ag us t i n 2 01 7 . “Penerapan pendekatan SAVI berbantu media gambar pada keterampilan berbicara siswa (Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di SDN Aeng Merah II Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2015 – 2016)”Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. ABSTRAK xiii Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berbicara siswa yang terdapat pada siswa kelas I SDN Aeng merah II Kecamatan Batuputih kabupaten Sumenep. Penerapan pembelajaran yang kurang kreatif sebelum pelaksanaan observasi awal dilakukan, maka guru memutuskan untuk menggunakan pendekatan SAVI berbantu media gambar. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menyajikan data berupa kata - kata atau narasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data dapat dilakukan dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan serta triangulasi teknik. Berdasarkan proses penelitian yang diperoleh di kelas I SDN Aeng Merah II Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep pada pembelajaran bercerita dengan menggunakan pendekatan SAVI berbantu media gambar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan dari beberapa uraian hasil observasi, analisis data serta hasil wawancara yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi bercerita dengan menggunakan pendekatan SAVI berbantu media gambar dinyatakan dapat membantu siswa selama proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata Kunci: Keterampilan Bercerita, Pendekatan SAVI Berbantu Media Gambar.

    Abstraction

    Wul a nda r i , Me i vi Agus t i n 20 17 . “The Application Approach SAVI of assited picture media on students' speaking skills (In Indonesian Learning of Class I in SDN Aeng Merah II Batuputih Sub district Sumenep Regency in the Academic Year of 2015-2016) Thesis Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Trunojoyo Madura. ABSTRACT This research explain about the low of student ability in speaking at elementary school of Aeng Merah II in Batuputih, Sumenep Regency. The Application of learning lets creative before early observation, so the teacher decided to use SAVI with picture Media. The research is qualitative observation with qualitative descriptive that present in form of words or narrative. The collecting data in the research use observation technique, interviews and documentation. The analysis of data use reduction data, presentation data,conclusion and triangulasi technique. Based on the research in elementary school of Aeng Merah II at first class can reach the purpose of learning. Beside that, the research can conclude that the implementation of learning indonesian language subject about tells tecture with SAVI by picture media can help student for learning process to reach the purpose of learning expected. Keywords: Storytelling Skills, SAVI Approach with Picture Media.

Detail Jurnal