Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KERANJANG BERDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ISI CERITA (STUDI PADA KELAS V SDN NYABAKAN BARAT 01 SUMENEP)Penulis : VERA NOVIANTIDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam., S.Pd., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Keranjang Berdongeng Terhadap Kemampuan Menyimak Isi Cerita (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Nyabakan Barat 1 Sumenep Tahun 2015/2016). metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design dan dirancang menggunakan penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Nyabakan Barat 1 Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016 terdiri dari kelas VA berjumlah 20 siswa dan kelas VB berjumlah 20 siswa jadi keseluruhan 40 siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dilihat dari 4 indikator diantaranya yaitu ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru (keterlaksanaan selama proses pembelajaran), aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan uji t, diperoleh = 4,1883 dan = 2,101 dengan demikian = 4,1883 ? = 2,101, sehingga terdapat perbedaan ketuntasan belajar siswa antara siswa yang menggunakan media keranjang berdongeng dengan siswa yang belajar secara konversional. Rata-rata ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 87,5 > 74. Hal tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan Media Keranjang Berdongeng Efektif Terhadap Kemampuan Menyimak Isi Cerita (Studi pada Kelas V SDN Nyabakan Barat 01 Sumenep).
AbstractionThis study aims to determine Media Usage Effectiveness Against Basket story telling ability Listening Story Content (Studies in Subjects Indonesian West Nyabakan Class V SDN 1 Sumenep Year 2015/2016). The research method used is an experimental method to form a quasi experimental design and is designed using research nonequivalent control group design. The study population was all students in the class VA and VB SDN West Nyabakan 1 Sumenep in academic year 2015/2016 consists of classes totaling 20 students VA and VB class numbered 20 students, for an overall 40 students. The collection of data to determine the effectiveness of learning visits of four indicators among which complete learn student, teacher activity (keterlaksanaan during the learning process), student activities, and student questionnaire responses. Data were analyzed using statistical analysis techniques. Based on t test, obtained = 4.1883 and = 2.101 thus = 4.1883 ? 2.101, so there is a difference between students' mastery learning students are using media basket story telling with students who learn konversional. The average completeness of students in the experimental class is higher than the control class that is 87.5> 74. It shows that the use of story telling Basket Effective Against Media Listening Capabilities Fill Story (Studies in Class V SDN Nyabakan West 01 Sumenep) ,