Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI SDN NYABAKAN BARAT 1 KABUPATEN SUMENEPPenulis : NAVITA LAURINZAH GARRUMDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan siswa yang belajar dengan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Nyabakan Barat 1 Tahun Pelajaran 2016 yang berjumlah 40 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik sampel jenu. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian diuji dengan uji t dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan uji t, diperoleh thitung = 5,22 dan ttabel = 2,02 dengan demikian thitung = 5,22 > ttabel = 2,02, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan siswa yang belajar secara konvensional. Rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 80,5 > 6. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Nyabakan Barat 1 Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student facilitator and explaining, Hasil belajar
AbstractionAbstract This study has an objective to know the differences of Science learning outcomes between students who learn with Student Facilitator and Explaining instructional model and students who learn with conventional instructional model. This study is quantitative research by using nonequivalent control group design. Population of this study is all fifth grade students in SDN Nyabakan Barat 1 in Academic Year of 2016 that amounted to 40 students. Sample is determined by using saturated sample technique. Data of students’ learning outcomes are collected by multiple choice objective test. The collected data then analyzed by using prerequisite test that uses normality test and homogeneity test then tested by t test and normalized gain test. Based on the t test, it is obtained that tcount = 5,22 and ttable = 2,02 thus tcount = 5,22 > ttable = 2,02, so there is a difference of learning outcomes between students who learn with student facilitator and explaining instructional model with students who learn with conventional instructional media. The average value of students’ Science learning outcomes of experimental group is higher from the average value of control class that is 80,5 > 6. It shows that there is an effect of student facilitator and explaining instructional model on the learning outcomes of fifth grade students in SDN Nyabakan Barat 1 Batang-Batang Sub district Sumenep Regency. Keywords: Learning model, Student facilitator and explaining Learning outcomes.