Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD Negeri Burneh 01Penulis : Rully Erika RistantiDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menerapkan Model pembelajaran Childrean learning in science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri Burneh 01. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan Quasi Eksperimental jenis Nonequievalen Control Group Design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas III SD Negeri Burneh 01 sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar diketahui bahwa thitung = 2,2495 > ttabel = 2,0244, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Childrean Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas III SD negeri Burneh 01.
AbstractionABSTRACT The purpose of this study is to determine the effect of learning by applying the Childrean learning in science (CLIS) learning model to student learning outcomes in class III science learning at Burneh 01 Elementary School. This research is quantitative research. Using the Quasi Experimental type of Nonequievalen Control Group Design. The technique used in sampling is by using a saturated sampling technique, where all members of the population are used as samples. The sample used was class III Burneh 01 Elementary School as many as 40 students. The instrument used is a learning result test sheet. It is known that tcount = 2,2495 > ttable = 2,0244, this indicates that Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant effect in learning by applying the Childrean Learning In Science (CLIS) learning model to student learning outcomes in Class III science learning at SD Negeri Burneh 01.