Detail Karya Ilmiah

  • Fungsi Perpustakaan Sekolah Bagi siswa Dalam Menyeleaikan Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SDN Kesek II Labang).
    Penulis : Eka Putra,Darmansah
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.Pd.,M,Pd
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda S, S.Pd.,M,Pd
    Abstraksi

    Tujuan Dalam Penelitian ini adalah Fungsi perpustakaan sekolah sebagai penyedia sumber Belajar peserta didik untuk memperluas dan memperjelas pengetahuan dalam setiap bidang Studi.. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kesek II Labang dengan Populasi 7 nara sumber yaitu 5 siswa kelas IV, kepala sekolah dan guru kelas di SDN Kesek II Labang Tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) ketersediaan buku utama dan buku pendukung merupakan salah satu faktor tercapainya tujuan suatu pembelajaran, dalam hal ini perpustakaan memiliki peranan penting dalam ketersedian buku utama dan buku pendukung, 2) manfaat perpustakaan diantaranya memberikan wawasan baru, memberikan informasi baru, menyediakan referensi, mendukung terlaksananya pembelajaran dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas utamanya dalam pelajaran Bahasa indonesia, 3) fungsi perpustakaan yaitu fungsi edukatif, informatif, administratif, riset dan rekreatif. Dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia perpustakaan dapat difungsikan sebagai sarana pendukung pembelajaran atau edukasi, memberikan informasi, dan membantu siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Kata kunci : Fungsi Perpustakaan sekolah bagi siswa, menyelesaikan tugas pelajaran bahasa Indonesia.

    Abstraction

    The goal of this research is the function of the school library as a learning resource provider learners to broaden and clarify knowledge in every field of study. This research was conducted in SDN Kesek II Labang with a population of seven resource persons namely five of fourth grade students, the principal and classroom teacher at SDN Kesek II Labang academic year 2016/2017. The research uses a descriptive qualitative approach by doing an observation, interview and documentation with purposive sampling technique. Based on the research concluded that 1) the availability of the main book and the support’s book is the one of the factors supporting the achievement objectives of a lesson, in this case the library has an important role in the availability of the main book and the support’s book,2) the function of library are including provide new insights, provide new information, provide references, support the implementation of learning and help students for completing the main task of Indonesian language lessons, 3) library functions is the function of educational, informative, administrative, research and recreation. The use of the library school of Indonesian language lessons, libraries can be used for learning support or education, providing information, and helping students to complete the tasks assigned by the teacher. Keywords : the function of library school for student, Completing tasks in Indoneisan languages lesson.

Detail Jurnal