Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Penggunaan Musik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sidoharjo Lamongan.Penulis : Herlinda Fitri Sulistiyanti.Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd.Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian “Pengaruh Penggunaan Musik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sidoharjo Lamongan” bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sidoharjo Lamongan. Penilaian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Sidoharjo Lamongan dengan fokus pembelajaran bahasa Indonesia pada materi cerita anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan mneggunakan metode penelitian True Experimental dengan menggunakan Pre-Test Post Test Control Group Design yang terdapat duakelompok dan dipilih secara random. Kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan musik, sedangkan kelompok kontrol tanpa musik. Intsrumen utama yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket respon siswa dengan 15 pernyataan tertutup. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,067, yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bawa ada pengaruh penggunaan musik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
AbstractionA study about “The Influence of Using Music to The Reading Comprehension Ability in Learning of Indonesia language og the Fifth Grade Students of Elementary School in SD Muhammdiyah Sidoharjo Lamongan” has a good to know there any differences in learning reading comprehension ability students in eksperiment group and control group of fifth grade SD Muhammdiyah idoharjo Lamongan. This assessment was done in Muhammdiyah Sidoharjo Lamongan which focuses on the learning Indonesia Language in children stories material.The kind of this research is experimental research using research method True Experimental with Pre-Test Post Test Control Group Design in two groups that has been selected in random. Experimental group usin music but control group without music. The prime instrument that is applied is multiple choice consist of 20 questions and respondent questioner consist of 15 closed statements. In hypothesis get the result 7,067 for t statistic to test, which means Ho is rejected. So it can be conclude that there is a influence of using music to the reading comprehension ability of students.