Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU DI SDN PATEREMAN 1Penulis : Mirani ArifinDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH)terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau di SDN patereman 1. Penelitian dilaksanakan di SDN Patereman 1 Bangkalan tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dan jenis desain Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan angket respon siswa.Hasil perhitungan statistik uji hipotesis Paired Sample T-test diperoleh nilai t sebesar 9,25640 dengan signifikansi 2-tailed 0,000. Hasil sig 0,000 < 0,025 dan thitung(9,25640)> ttabel(2,093) maka Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 43,45 dan setelah mendapat perlakuan rata-rata posttest hasil belajar siswa sebesar 76, maka ada peningkatan pada hasil belajar siswa sebesar 32,55. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 92,4%, dengan kriteria “sangat baik”, aktivitas siswa 85,95% dengan kriteria “sangat aktif”, dan respon positif siswa mencapai 94,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Course Review Horay, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar
AbstractionTarget of this research is to know influence of cooperative learning model Course Review Horay (CRH) against student learning outcomes class V in subjects science material green plant in sdn patereman 1. Research executed in SDN Patereman 1 Bangkalan school year 2016 / 2017. Research method the used is experiment method with desain research of True Experimental Design and type of desain Pretest-Posttest Control Group Design. Instrument the used is tes result of learning, sheet of keterlaksanaan study, student activity sheet, and enquette of respon student. Result of calculation of statistic test hypothesis of Paired Sample T-Test obtained [by] value of t equal to 9,25640 with signifikansi 2-tailed 0,000. Result of sig 0,000 < 0,025 and thitung(9,25640 > ttabel(2,093) hence Ho refused. Its conclusion is there are influence which is signifikan model study of Course Review Horay to result learn student. mean of Pretest result of learning student equal to 43,45 and after getting treatment of mean of posttest result of learning student equal to 76, hence there is make-up of result learn student equal to 32,55. mean of Keterlaksanaan study 92,4%, with criterion "very good", student activity 85,95% with criterion "very active", and positive respon of tired student 94,5%. The mentioned indicate that there are influence model study of type cooperative of Course Review Horay to result learn student Keyword: Cooperative, Course Review Horay, Science Subject, Learning Outcomes