Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SDN PADEMAWU BARAT I PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016Penulis : NOR FATIMAHDosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :YUNIN HIDAYATI M.SiAbstraksi
Matematika adalah mata pelajaran yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Namun, masih banyak sekali ditemukan siswa yang tidak menyukai matematika dan akibatnya hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran matematika di SDN Pademawu Barat I masih menggunakan pembelajaran yang bersifat teacher centered. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang bersifat student centered dan hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar kognitif siswa, mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan open-ended serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 40 siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan hasil = 3,618 > = 2,445, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan open-ended terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut juga dibuktikan dari peningkatan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 56,75 menjadi 83,37 (rata-rata nilai post-test). Aktivitas guru dan aktivitas siswa tergolong sangat baik serta respon siswa terhadap pembelajaran juga tergolong sangat baik.
AbstractionMathematic is a subject that has very important role in human life. However, there are many students who do not like mathematic and consequently, the learning outcomes of the students are low. Mathematics learning at SDN Pademawu Barat I still uses teacher centered learning. Therefore, the student centered approach learning is needed and the learning outcomes of the students will increase. The aims of this study are to know the cognitive learning outcomes of the students, to know the effect of open-ended approach on the cognitive learning outcomes of the students, to know the teacher and students activities in the learning through open-ended approach. This study is a kind of quantitative research. Design that used is quasi experimental design in the type of Nonequivalent Control Group Design. There are 40 students as a sample. The research hypothesis test by using t-test with the result of tcount= 3,618 > ttable= 2,445 which means that there is a significant effect of the open-ended approach on the cognitive learning outcomes of students. It is also proven by the increase in the average value of the pre-test of experimental class which is from 56,75 to 83,37 (the average value of post-test). The teacher and students activities are quite good and students’ response on the learning is also quite good.