Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR (KETERAMPILAN PROSES SAINS) SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAPenulis : Yuni TrisnawatiDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati,S.Si.,M.Si,Dosen Pembimbing II :Moh Edy Nurtamam,S.Pd.,M.Pd,Abstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN Pangeranan 3 Bangkalan tahun ajaran 2015/2016.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dan jenis desain Pretest-Posttest Control Group Design.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh hasil sig 0,000< 0,025 dan thitung 18,602> ttabel 2,093, maka Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hasil belajar posttest kelompok control mencapai 55% dengan nilai rata-rata sebesar 66,5 dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai 85% dengan rata-rata sebesar 74. Strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairsjuga mampu merangsang keterampilan proses sains siswa yaitu keterampilan memprediksi 95%, keterampilan mengamati 100%, keterampilan mengklasifikasikan mencapai 100%, keterampilan mengomunikasikan 82,5% dan keterampilan menyimpulkan 90%. Kata Kunci: strategi pembelajaran, practice rehearsal pairs, keterampilan proses sains, dan hasil belajar
AbstractionABSTRACT The objective of this research is to find out the influence of Practice Rehearsal Pairs on Science Process Skills and Students’ Learning Outcomes in IPA. The research was conducted at SDN Pangeranan 3 in the academic year of 2015/2016. The method that is used in this research is experiment method by using True Experimental Design that is Pretest-Posttest Control Group Design. In data collection procedure, the researcher used test and observation sheet. Based on the results of learning outcomes the researcher found that sig 0.000< 0.025 and thitung 18,602 > ttabel 2.093, so Ho is rejected. The conclusion is there was influence of Practice Rehearsal Pairs Strategy on the students’ learning outcomes in IPA. Learning outcomes posttest control group reached 55% with an average value of 66,5 and learning outcomes posttest experimental group reached 85% with an average value of 74. Practice Rehearsal Pairs Strategy also be able to stimulate student’s science process skills are predicted skill 97,5%,observated skill 100%, classificated skill 100%, communicated skill 82,5% and conclude skill 90%. Key Words: learning strategy, practice rehearsal pairs, science process skills and learning outcomes