Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE DRILL REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS III SDN MLAJAH 2 BANGKALANPenulis : farichatus solichahDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
Solichah, Farichatus. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Drill Reward terhadap Hasil Belajar Materi Menulis Paragraf Siswa Kelas III SDN Mlajah 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing: 1. Sulaiman, M.Pd, 2. Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRAK Pembelajaran menulis paragraf adalah hal yang perlu dipelajari pada pembelajaran Bahasa Indonesia, karena pembelajaran menulis paragraf merupakan pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk mampu menyampaikan informasi dengan baik. Akan tetapi, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menuangkan pikiran, ide, dan kreativitasnya agar menjadi sebuah tulisan yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan metode pembelajaran drill reward agar siswa ikut berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode drill reward terhadap hasil belajar pada materi menulis paragraf siswa kelas III SDN Mlajah 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu kelas III A dan III B SDN Malajah 2 Bangakalan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan angket. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan rumus uji signifikansi (uji t) pada pembelajaran menulis paragraf dengan menggunakan metode drill reward diperoleh thitung= 3,93835 > dari ttabel = 2,069, yang artinya H0 ditolak hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode drill reward terhadap hasil belajar pada materi menulis paragraph siswa kelas III SDN Malajah 2 Bangkalan. Koefisien determinasi menunjukkan 40,28% hasil belajar dipengaruhi oleh pembelajaran dengan menggunakan metode drill reward, sedangkan sisanya 59,72% dipengaruhi oleh pihak lain. Kata kunci : pengaruh, metode drill reward, menulis paragraf, hasil belajar
AbstractionSolichah, Farichatus. 2017. The Effect of Drill Reward Learning Method on the Learning Outcomes of Writing Paragraph Material of Third Grade Students in SDN Mlajah 2 Bangkalan. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: 1. Sulaiman, M.Pd, 2. Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRACT Learning to write a paragraph is a thing that needs to be studied on learning Indonesian because learning to write a paragraph is a learning that teaches students to be able to convey information well. However, there are many students that are still experiencing difficulties in expressing thoughts, ideas, and creativities to be good and proper writing based on the existing rules, so that it affects students’ learning outcomes. Therefore, the application of drill reward learning method need to be done in order to make the students take an active role in the learning. The objective of this study is to know the effect of drill reward method on the learning outcomes of writing paragraph material of third grade students in SDN Mlajah 2 Bangkalan. This study uses Quasi Experimental Design of quantitative approach with nonequivalent control group design. Sample that used is saturated sample namely class III A and class III B of SDN Mlajah 2 Bangkalan. The collecting data uses technique of test, observation, and questionnaires. The collected data are then analyzed by using statistical test. Based on the statistical calculations by using formula of significance test (t test) in learning to write a paragraph by using drill reward method, it is found that tcount= 3,93835 > from ttable = 2,069 which means that H0 is rejected, it shows that there is a significant effect of the use of drill reward method on the learning outcomes of writing paragraph material of third grade students in SDN Mlajah 2 Bangkalan. The coefficient of determination shows that 40,28% of learning outcomes influenced by learning that uses drill reward method, while the remaining of 59,72% influenced by other parties. Keywords: effect, drill reward method, writing paragraph, learning outcomes