Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media KOMI (Kolase Bumi) Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas V Materi Struktur Bumi di SDN Pangpong Tahun Ajaran 2015/2016
    Penulis : RIZA KURNIA LAKSMI
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si ., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim., S.Ag. M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas V di SDN Pangpong merupakan alasan dilakukannya penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran KOMI (Kolase Bumi) yang layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran IPA pada materi struktur bumi. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall modifikasi sugiono. Tahap pengembangan media pembelajaran terdiri dari 10 langkah, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk tahap akhir, produksi massal. Hasil uji kelayakan pengembangan media pembelajaran KOMI (Kolase Bumi) adalah (1) persentase penilaian ahli media pembelajaran yaitu 86%, ahli desain pembelajaran yaitu 83%, dan ahli materi yaitu 84%, ahli bahasa yaitu 83%, keempat penilaian ahli menunjukkan pada tingkat kriteria “sangat valid”; (2) persentase tanggapan siswa pada uji coba kelompok kecil mengenai media pembelajaran KOMI (Kolase Bumi) yaitu 90% (sangat valid), dan persentase tanggapan siswa pada uji coba kelompok besar mengenai media pembelajaran KOMI (Kolase Bumi) yaitu 94% (sangat valid); (3) pesentase penilaian ahli pengguna yaitu 90%. Hal tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran KOMI (Kolase Bumi) materi struktur bumi telah layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: media pembelajaran, KOMI (Kolase Bumi), struktur bumi.

    Abstraction

    ABSTRACT The lack of learning media usage in science teaching at fifth grade in Pangpong Elementary School is the reason for the research and development. The purpose of the development study is to improve an appropriate product of KOMI learning media that can be utilized as alternative media in science learning especially at earth's structure course. The developing model applied are Borg and Gall which have been modified by Sugiono. The developing section of the learning media consists of 10 steps; identifying problem, collecting information, designing product, validating design, repairing design, examining small group, revising product, examining large group, revising final product and producing in mass quantity. The result of feasability test of the KOMI learning media development are; (1) the percentage value made by learning media expert is 86%, learning design expert is 83%, content expert is 84%, and linguist is 83%. The fourth values made by the experts indicate the very valid criteria, (2) students respond percentage on small group examination about KOMI learning media is 90% (very valid). The average result of students learning on large group examination on KOMI learning media is 94% (very valid), (3) The percentage of expert users assessment is 90%. It is define that earth's structure course of KOMI learning media has been appropriate as sains learning media for fifth grade elementary school student. Keywords: learning media, KOMI, earth's structure.

Detail Jurnal