Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASARPenulis : NENG HALIMAHDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berguna untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran IPA Kelas IV sekaligus melestarikan permainan Tradisional yang ada di Indonesia khususnya daerah tempat tinggal masing-masing supaya tidak punah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D-models) yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), sedangkan tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Hasil validasi RPP yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan hasil yang diperoleh yaitu 94,7 %. Sedangkan hasil validasi modul ajar dan LKS yang diperoleh yaitu 94,1 %. Selanjutnya produk diuji cobakan di SDN Tunjung 03 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Hasil uji coba perangkat pembelajaran sebagai berikut. (1) uji coba perorangan diperoleh persentase respon siswa sebesar 85,8 % (2) uji coba kelompok kecil diperoleh persentase respon siswa sebesar 85,1 %. (3) uji coba kelompok besar diperoleh persentase respon siswa sebesar 86,2 %.
AbstractionThe purpose of the development is to develop usefull learning instrument for achieving fun learning on science subject at fourth grade and also to preserve Indonesian traditional games especially that exist in each neighbourhood. The study belongs to development research that applies 4-D learning model; define, design and develop. The disseminate steps is not conducted in this study. The result of RPP validation developed indicates the very valid value in which it reaches 94,7% of success. Meanwhile, the validation result of learning modul and LKS obtains the percentage of 94,1. Afterwards, the product is tested at SDN Tunjung 03, Burneh sub district, Bangkalan district. The result of experiment shows the value as follow: (1) individual experiments obtains percentage of students responds as 85,8%, (2) small group experiments obtains percentage of students responds as 85,1%, (3) large group experiments obtains percentage of students responds as 86,2%,