Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN CAHAYA
    Penulis : Yuli Wijayanti
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk berupa LKS berbasis metode esperimen pada pokok bahasan cahaya. LKS yang umumnya digunakan di sekolah berisi soal, rangkuman materi dan tampilan LKS juga tidak menarik. Oleh karena itu, pengembangan LKS bertujuan agar siswa lebih termotivasi belajar dengan tampilan LKS yang lebih menarik dan dapat membantu siswa memahami konsep cahaya melalui kegiatan eksperimen. Pengembangan LKS menggunakan model Dick dan Carey yang terdiri dari langkah berikut: 1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, 2) analisis instruksional, 3) identifikasi tingkah laku awal, 4) menuliskan tujuan kinerja, 5) pengembangan tes acuan patokan, 6) pengembangan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan memilih materi pembelajaran, 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan 9) revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan: angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Kelayakan LKS diperoleh dari hasil validasi ahli dan respon siswa kelas V SDN Bator 1. Hasil validasi butir soal oleh ahli desain 71,7% kategori cukup valid, ahli bahasa 91,7% dan ahli materi 83,3% kategori sangat valid. Hasil validasi RPP oleh ahli desain 71,7%, ahli bahasa 80% kategori cukup valid, dan ahli materi 81,7% kategori sangat valid. Hasil validasi LKS oleh ahli desain 72,8% kategori cukup valid, ahli bahasa 81%, dan ahli materi 85,7% kategori sangat valid. Hasil respon siswa pada uji coba perorangan 89,4%, kelompok kecil 92%, kelompok besar 89,6% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi dan respon siswa menunjukkan bahwa LKS layak digunakan. Kata kunci: Pengembangan, LKS, Metode Eksperimen, IPA.

    Abstraction

    This study aims to develop products in the form of worksheets based on experimental method on the subject of light. worksheet are commonly used in schools contain matter, a summary of the material and appearance of worksheet is also unattractive. Therefore, the development of worksheet aims to make students more motivated to learn and see more interesting and worksheets that can help students understand the concept of light through experimentation. Development worksheet using the model of Dick and Carey comprising the following steps: 1) assess the need to identify objectives, 2) analysis of instructional, 3) identification of behavior early, 4) write performance goals, 5) development of a test reference standard, 6) development strategy learning, 7) developing selecting learning materials, 8) design and conduct formative evaluation, and 9) revision. Data collection techniques were used: questionnaire, documentation, and test results of learning. Feasibility worksheet obtained from expert validation and response fifth grade students of SDN Bator 1. The results of the validation items by 71.7% design expert category is valid, linguists 91.7% and 83.3% matter experts very valid category. RPP validation results by 71.7% design experts, linguists 80% category is quite valid, and 81.7% matter experts very valid category. worksheet validation results by 72.8% design expert category is valid, linguists 81%, and 85.7% matter experts very valid category. The result of student’s responses on individual testing 89.4%, 92% small groups, large groups of 89.6% to the category of very valid. The results of the validation and student responses indicate that the worksheet fit for use. Keywords: Development, worksheet, the experimental method, science.

Detail Jurnal