Detail Karya Ilmiah
-
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Pada Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Karpote I Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016Penulis : RACHMATUL NURDIANSAHDosen Pembimbing I : Drs. HARUN AL RASYID, M.SiDosen Pembimbing II :MUHAMMAD BUSYRO KARIM, S.Ag., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Guru kelas V SDN Karpote 1 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan menyampaikan materi kurang kreatif dan inovatif, cenderung bersifat informatif dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini ditunjukan dengan pengunaan model pembelajaran ceramah, dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini berjudul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Pada Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Karpote 1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di SDN Karpote 1 mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang, kepala sekolah, dan wali kelas V SDN Karpote 1. Menggunakan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru kelas V SDN Karpote 1 a) Upaya guru untuk mengatasi faktor eksternal. b) Upaya guru untuk mengatasi faktor internal c) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar. Kata Kunci:Guru, Kegiatan Pembelajaran, Upaya Guru
AbstractionABSTRACT The teacher of fifth grade of SDN Karpote 1 Blega Sub District Bangkalan Regency is less creative and innovative in delivering the material, she tends to be informative, and the learning is still teacher-centered. It is shown by the use of lecture learning model, and the lack of use of the instructional media. Therefore, this study is entitled The Teacher’s Efforts in Improving Quality of Learning Activities in Social Subjects of Fifth Grade Students of SDN Karpote 1 Second Semester in the Year of 2015/2016. This study has an objective to know the teacher’s efforts in improving the quality of learning activities in SDN Karpote 1 of Social subjects. Method that used is qualitative descriptive method. The sources of data in this study are the fifth grade students that amounted to 21 students, the headmaster, and the classroom teacher of SDN Karpote 1. This study uses interview, observation, and documentation as the technique of collecting data. The results of the data analysis show: The efforts that done by the classroom teacher of fifth grade of SDN Karpote 1 are a) Teacher’s efforts to overcome external factors. b) Teacher’s efforts to overcome internal factors. c) Teacher’s efforts to improve the teaching ability. Keywords: Teacher, Learning Activities, Teacher’s Efforts