Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MLAJAH 2 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN
    Penulis : ZUMROTUL AQOBAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, M.Pd.
    Abstraksi

    Permasalahan yang terjadi adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di SDN Mlajah 2 Bangkalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih berpusat pada guru bukan kepada siswa dan juga metode yang digunakan masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan membosankan dan hasil belajar yang diperoleh masih rendah dan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Adakah pengaruh metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Mlajah 2 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Pantun. 2) Bagaimana Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mlajah 2 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Pantun. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu kelas IV A dan IV B SDN Mlajah 2 Bangkalan. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Hasil uji signifikasi diperoleh nilai thitung = 2,28601 > dari ttabel = 2,0518 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi r² = 0,162. Hal tersebut menunjukkan 16% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran dengan menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here, sedangkan sisanya 83,7% ditentukan oleh faktor lain.

    Abstraction

    The problem that occurs is the instruction method used by teachers at SDN Mlajah Bangkalan on the subjects Indonesian is still centered on the teacher instead of the student and also the methods used are still using conventional methods so that student tend to be passive and boring, and learning outcomes obtained is low and less than optimal. This study aims to determine 1) what is the effect of the method Everyone is a Teacher Here the learning outcomes of students of grade IV SDN Mlajah 2 Subjects Indonesian Creative Writing Poem. 2) how to influence Method Everyone is a Teacher Here to Students Learning Outcomes Grade IV SDN Mlajah 2 Subjects Indonesian Creative Writing Poem. This reaserch is a quantitative research method used quasi experimental design to study design nonequivalent control group design. The samples are saturated sample is grade IV A and IV B SDN Mlajah 2 Bangkalan. The data collections of student learning is selected by using tests, observations, and questionnaires. Data were analyzed using statistical analysis techniques. Significance test result obtained by value tarithmetic = 2,28601 > from ttable = 2,0518 can be concluded that there are significant method Everyone is a Teacher Here to student learning outcomes. The coefficient of determination r2 = 0,162. It showed 16% of student learning outcomes are influenced by learning by using methods Everyone is a Teacher Here, while the reamaining 83,7% is determined by other factors.

Detail Jurnal