Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEMBACA PUISI MODERN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI MLAJAH 2 BANGKALAN
    Penulis : Asih Firdaus
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membaca puisi modern terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunaan Quasi Experimental Design dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Mlajah 2 Bangkalan yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, tes. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa thitung = 6,244 > ttabel = 2,086, artinya H0 ditolak, hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara membaca puisi modern terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Mlajah 2 Bangkalan dengan besar pengaruh 66,09%. Rata-rata keterampilan menulis puisi siswa menggunakan kegiatan membaca puisi modern adalah sebesar 79,32 dengan kategori “Baik”, sedangkan rata-rata hasil keterampilan menulis puisi siswa yang tidak menggunakan kegiatan membaca puisi modern (metode konvensional) sebesar 68,64 dengan kategori “Cukup Baik”. Kata Kunci : membaca, puisi modern, keterampilan menulis, karakteristik puisi anak.

    Abstraction

    ABSTRACT This research aims to investigate the influence of reading modern poetry to poetry writing skills of the students. This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design with pretest-posttest control group design. The research was carned out in class V SDN Mlajah 2 Bangkalan totalling 44 students. Samples were taken randomly. Data collected by using observation, questionnaires, tests. The calculation hypotesis result with t test showed that tcount = 6,244 > ttable = 2,086, meaning that H0 is rejected it shows that there is a significant influence between reading modern poetry to poetry writing skills in class V SDN Mlajah 2 Bangkalan with influence 66,09%. The average of poetry writing skills of students using modern poetry reading activities is 79,32 with category of “Good”, while the result average of poetry writing skills of students who did not use modern poetry reading (the conventional method) is 68,64 with category of “Pretty Good”. Keywords : reading, modern poetry, writing skills, characteristics of children poetry.

Detail Jurnal