Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORECCHIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MATERI INDERA PENDENGAR
    Penulis : AGHNIA ILMI CHAIR
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S. Si., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S. Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Pengembangan ini didasarkan pada permasalahan dalam proses pembelajaran IPA di SDN Pangeranan 3 Bangkalan. Permasalahan terjadi pada proses pembelajaran IPA Kelas IV yang terdiri dariminimnya penggunaan media pembelajaran dan peran guru yang lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPA di Kelas IV. Tujuan dari dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah serta kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran Orecchio sebagai media pembelajaran IPA Kelas IV Materi Indera Pendengar. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (yang diadaptasi oleh Sugiyono) dan terdiri dari 9 langkah pengembangan. Hasil pengembangan diketahui dari hasil validasi ahli media, desain serta materi pembelajaran dan angket respon siswa pada uji coba produk serta uji coba pemakaian. Hasil validasi ahli memperoleh presentase rata-rata efektivitas produk sebesar 89,67% dengan kriteria sangat valid, dan presentase daya tarik produk berdasarkan angket respon siswa sebesar 90,61% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan pada segi efisiensi berdasarkan angket respon siswa dan validasi ahli diperoleh presentase sebesar 85,86% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil pengembangan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Orecchio layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada Materi Indera Pendengar untuk siswa Kelas IV sekolah dasar.

    Abstraction

    This development is based on problems that occurred in the science learning process of State Elementary School of Pangeranan 3 Bangkalan. The problems that occurred in a science learning process of Fourth Grade that consist of the lack of instructional media application, and the dominance of teacher’s role in science learning process. The purpose of this development aims to determine the procedure and the feasibility result of Orecchio instructional media development as a science instructional media for Fourth Grade in Auditory matter. The models of this development adapted from the development model of Borg and Gall (adapted by Sugiyono) through nine stages. The development result was determined from the validation of instructional media expert, instructional design expert, matter expert and from the students questionnaire response in product trial, and usage trial. The result from validation expert obtained the average percentage of effectiveness 89,67% in a very valid criteria and the average percentage of attractiveness from students questionnaire response 90,61% in a very valid criteria. Further, the average percentage of efficiency from students questionnaire response and the expert validation result obtained 85,86% in a very valid criteria. Based on the development result, it can be concluded that the Orecchio instructional media is very feasible to be used as a science instructional media on Auditory matter for Fourth Grade.

Detail Jurnal