Detail Karya Ilmiah

  • KONTRIBUSI TUTOR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA PROGRAM PAKET A SETARA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di PKBM “Harapan Bangsa” Kabupaten Sampang)
    Penulis :
    Dosen Pembimbing I : Angga Ikhtiardi1
    Dosen Pembimbing II : Harun Al Rasyid2), Mujtahidin
    Abstraksi

    Salah satu fungsi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah untuk mendukung tercapainya wajib belajar bagi semua warga negara Indonesia. Untuk mendukung tercapainya wajib belajar 6 tahun bagi warga belajar yang tidak tamat sekolah dasar (SD) maka diselenggarakan program Paket A setara SD. Keberhasilan proses belajar pada program Paket A setara SD sangat ditentukan salah satunya oleh kontrobusi tutor dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan kontribusi tutor dalam proses belajar mengajar pada Program Paket A setara SD di PKBM Harapan Bangsa, Kabupaten Sampang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada PKBM Harapan Bangsa Kabupaten Sampang. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kontribusi tutor program Paket A sangat penting dalam membantu penuntasan wajib belajar 6 tahun. (2) Keberadaan tutor membantu meminimalisir masalah buta aksara, khususnya pada masyarakat pedesaan yang masih belum bisa membaca dan menulis di kabupaten Sampang. (3) Implementasi kurikulum ditopang oleh kesediaan tutor dalam berperan serta membantu penuntasan wajib belajar 6 tahun dengan cara tetap mempertahankan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada program Paket A. Sehingga keberadaan tutor dianggap sangat dibutuhkan dalam upaya menuntaskan wajib belajar 6 tahun di kabupaten Sampang. Kata Kunci: Kontribusi Tutor, Proses Belajar Mengajar, dan Program Paket A

    Abstraction

    Salah satu fungsi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah untuk mendukung tercapainya wajib belajar bagi semua warga negara Indonesia. Untuk mendukung tercapainya wajib belajar 6 tahun bagi warga belajar yang tidak tamat sekolah dasar (SD) maka diselenggarakan program Paket A setara SD. Keberhasilan proses belajar pada program Paket A setara SD sangat ditentukan salah satunya oleh kontrobusi tutor dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan kontribusi tutor dalam proses belajar mengajar pada Program Paket A setara SD di PKBM Harapan Bangsa, Kabupaten Sampang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada PKBM Harapan Bangsa Kabupaten Sampang. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kontribusi tutor program Paket A sangat penting dalam membantu penuntasan wajib belajar 6 tahun. (2) Keberadaan tutor membantu meminimalisir masalah buta aksara, khususnya pada masyarakat pedesaan yang masih belum bisa membaca dan menulis di kabupaten Sampang. (3) Implementasi kurikulum ditopang oleh kesediaan tutor dalam berperan serta membantu penuntasan wajib belajar 6 tahun dengan cara tetap mempertahankan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada program Paket A. Sehingga keberadaan tutor dianggap sangat dibutuhkan dalam upaya menuntaskan wajib belajar 6 tahun di kabupaten Sampang. Kata Kunci: Kontribusi Tutor, Proses Belajar Mengajar, dan Program Paket A

Detail Jurnal