Detail Karya Ilmiah
-
PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA SISWA KELAS V SDN BURNEH 02 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penulis : FATIMATUZ ZAHROHDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.Abstraksi
Penelitian yang berkaitan dengan penerapan metode sosiodrama dalam melatih keterampilan berbicara. Sangat penting Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam pembelajaran siswa diharapkan terampil berbicara agar siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode sosiodrama, mendeskripsikan kendala-kendala metode sosiodrama dalam melatih keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Burneh 02 Bangkalan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik Pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, ditriangulasikan, kemudian dianalisis oleh peneneliti. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa hal yang harus dilakukan saat guru menerapkan metode sosiodrama dalam melatih keterampilan berbicara mulai dari persiapan, langkah-langkah pembelajaran, dan melakukan penilaian. Kata kunci: Metode Sosiodrama, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia.
AbstractionThis Research Regarding the Implementation of Sociodrama Method In Training Speaking Skill. It is very important In learning Indonesian language and in daily life. Because the students are expected to be able to speak competently and also be active in teaching learning process. The purpose of this research is to describe the use of sociodrama method, describing some problems of sociodrama method in traning speaking skill. The subjects were V students class at SDN Burneh 02 Bangkalan, the total number of the students are 35. This research has used a qualitative research with descriptive approach. The data collection technique are: observation, interview, and documentation. Then collected data has been reduced, triangulated, and analyzed by the researcher. The results of this research showed that there are somethings must be done when teachers use sociodrama method in speaking skill, such as: preparation, steps in teaching learning process, and make an assessment. Keywords: Sociodrama method, Speaking Skill, Indonesian language