Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SDN 2 BANGERAN DUKUN GRESIK
    Penulis : MUHIMMATUL GHONIYYAH
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Yunin Hidayati, S.Si.,M.Si
    Abstraksi

    Penelitian yang berkaitan dengan implementasi model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di SDN 2 Bangeran Dukun Gresik yang sudah diterapkan selama satu semester oleh guru kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran IPS, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapam model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran IPS, serta untuk mengetahui dampak yang terjadi setelah diterapkannya model Quantum Teaching dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) guru menumbuhkan semangat belajar siswa (2) kelebihan pada model Quantum Teaching mampu membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran IPS dan merubah pembelajaran IPS sangat menyenangkan, sedangkan kekurangannya mengenai waktu, tenaga, dan biaya (3) dampak yang terjadi pada penerapan model Quantum Teaching menjadikan siswa semangat belajar IPS dan aktif dalam pembelajaran.

    Abstraction

    Relating to the implementation of learning model Quantum Teaching in Social Sciences subjects fourth grade at SDN 2 Bangeran Dukun Gresik who have applied for one semester by a fourth grade teacher. This study aims to determine the implementation of learning model Quantum Teaching in social studies, to determine the advantages and disadvantages of the used this learning model Quantum Teaching in social studies, as well as to determine the impacts that occur after the implementation of the model Quantum Teaching in the eyes of social studies learning. This study uses a descriptive qualitative research design. Data were collected by interview, observation and documentation. Based on the analysis it is concluded that (1) the teachers cultivate the spirit of student learning (2) the excess on the model of Quantum Teaching capable of stimulating students in social studies learning and changing social studies learning very pleasant, while the shortcomings of the time, effort, and expense (3) impact occurred in the application of the model Quantum teaching to make the students the spirit of social studies and active in learning.

Detail Jurnal