Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD NEGERI PATERONGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : NOER FITRIYAH AGUSTINI
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari S.Si., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Hasil observasi awal di SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan adalah minimnya penggunaan media menyebabkan, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencapai kondisi ideal dengan cara mengembangkan media pembelajaran Corong Berhitung pada mata pelajaran matematika materi perkalian Kelas II SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Jenis data adalah kualitatif deskriptif dan statistik kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) angket validasi dan buku panduan penggunaan media Corong Berhitung sangat valid/ efektif dan dapat digunakan dengan tanpa perbaikan menurut validasi ahli bahasa dengan persentase 99% (2) persentase hasil validasi ahli materi 91% termasuk dalam kategori sangat valid/sangat efektif dan dapat digunakan tanpa perbaikan, (3) persentase hasil validasi ahli media 85% termasuk dalam katagori sangat valid/efektif dan dapat digunakan tanpa perbaikan, (4) persentase hasil validasi ahli desain 81% termasuk dalam kategori sangat valid/sangat efektif dan dapat digunakan tanpa perbaikan (5) hasil uji coba produk/evaluasi kelompok kecil memperoleh persentase 86%, (6) hasil uji coba pemakaian/evaluasi lapangan memperoleh persentase 91%. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Corong Berhitung sangat layak digunakan pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II di SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan.

    Abstraction

    The results of preliminary observations in SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan is lack of using media causes the lack of interest of students towards mathematics. The purpose of this study was to achieve ideal conditions by developing instructional media Funnel Counting in mathematics subject on multiplication material Class II SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan. This study used a model of the development of Borg and Gall. This type of data was descriptive qualitative and quantitative statistics. Methods of data collection were observation, questionnaire, and test. The results showed that: (1) questionnaire validation and guide books media use Funnels Counting very valid / effective and can be used with no corrective in accordance with linguists validation with a percentage of 99% (2) the percentage result of the validation experts was 91% included in the category of very valid / highly effective and can be used without any corrective, (3) the percentage result of validation expert media was 85% included in the category of very valid / effective and can be used without corrective (4) the percentage of validation expert design was 81% included in the category of very valid / highly effective and can be used without corrective (5) the results of product testing / evaluation small group obtained the percentage of 86%, (6) the results of the test user / site evaluation earn a percentage 91%. The conclusion of this study was the instructional media Funnels Counting very decent used on Mathematics subject Multiplication material in Class II SD Negeri Paterongan 1 Bangkalan.

Detail Jurnal