Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK AJAIB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PATERONGAN 1 GALIS BANGKALAN
    Penulis : YAYUK SRI WAHYUNI
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian pengembangan ini memberikan perhatian pada permasalahan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Paterongan 1 khusunya materi menulis. Penggunaan media yang hanya terbatas pada buku paket saja serta mendominasinya peran guru dapat membuat pembelajaran Bahasa Indonesia kurang efektif. Hal tersebut berdampak pada sikap siswa yang menjadi pasif dan kebanyakan siswa merasa bingung dalam menulis cerita. Maka alternatif pemecahan masalah dilakukan dengan mengembangakan media pembelajaran kotak ajaib. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media yang efektif, efisien, dan menarik jika digunakan dalam pembelajaran menulis cerita. Model pengembangan ini menggunakan adaptasi model pengembangan Borg dan Gall oleh Sugiyono yang terdiri dari tahap identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi masal. Pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Paterongan 1 dengan subjek uji coba kelompok kecil 9 siswa dan kelompok besar 22 siswa. Hasil presentase dari ahli media pembelajaran sebesar 93,75%, ahli materi mencapai 100%, ahli desain pembelajaran 84,72%, uji coba kelompok kecil 93,33%, dan uji coba kelompok besar 95%. Data pendukung juga diperoleh dari nilai ketuntasan klasikal pada kelompok kecil 66,67% sedangkan kelompok besar 86,36%. Berdasarkan hasil pengembangan maka produk media pembelajaran kotak ajaib layak digunakan dalam materi menulis cerita untuk siswa kelas IV SD.

    Abstraction

    This research and development is based on the existing problems that occurred in Bahasa Indonesia learning process of 4th grade, in the State Elementary School of Paterongan 1 especially in writing material. The application of instructional media that only use textbook, and the dominance of teacher’s role can make Bahasa Indonesia learning process is less than effective. The problems are impacted on the attitude of students who become passive and most students are confused to write a story. Therefore, the alternative problem sollution is to develop the miraculous box. The development aims to produce an instructional media with effectiveness, efficiencies and attractiveness if it is used in the learning process of writing story matter. The development applies the development model of Borg and Gall which has adapted by Sugiyono, that consist of ten stages; problem identification, information collecting, product design, validating design, Design Revision, Product Trial, Product Revision, Usage Trial, Product Revision, Mass Production. The product development is validated by instructional media expert, subject matter expert and instructional design. Product trial was performed to the 4th grade students of State Elementary School of Paterongan 1 with 9 students as small group test subjects and 22 students as large group test subject. The results from instructional media expert is 93.75%, material experts is 100%, instructional design experts is 84.72%, small group test is 93.33%, and a large group test is 95%. The supporting data were also obtained from the value of classical completeness in small groups 66.67%, 72.73% while the large group. Based on the results of this development, the miraculous box instructional media is feasible to used in the writing story matter for 4th grade.

Detail Jurnal