Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MATERI DAUR AIR DI SDN PANGPONG
    Penulis : SULFIYA OKTAFIA NINGSIH
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si ., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SDN Pangpong selama ini hanya menerapkan model konvensional, materi disampaikan guru secara lisan sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan tersebut yang menyebabkan kurangnya interaksi dan aktivitas siswa, sehingga pembelajaran yang berlangsung monoton dan membosankan yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pangpong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode True Eksperimental dengan Prettest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebagai data utama, observasi, dan angket respon siswa sebagai data pendukung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dua sampel independent. Hasil analisis penelitian diperoleh thitung 4,413, dan ttabel = 2,024 sehingga thitung>ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperataif tipe pair checks terhadap hasil belajar siswa.

    Abstraction

    Based on the researcher’s observation towards the teaching and learning process at Pangpong Elementary School, conventional model was chosen to be used to explain the materials, where the teacher give the materials orally while the students passively listen to the teacher. It caused the lack of students’ interaction and activity in the class. Because of that reason, the students are less motivated. It makes the students get low study result.This research is aimed to know the influenceof cooperative teaching pair checks model toward fifth grade students’ science cognitive study result in water cycle at Elementary School Pangpong. This research is quantitative research True Experimental using Pretest-Posttest Control Group Design. Data collection in this research is test which use students’ score as the main data. The researcher also use observation and questionnaire as additional data. The collected data is analyzed using T-test. The calculation gained tcount4,413, and ttable = 2,024. By comparing the tcount >ttable, it can be concluded that cooperative teaching pair check influence the study result.

Detail Jurnal