Detail Karya Ilmiah

  • Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pejagan 6 Bangkalan Tahun Pelajaran 2015-2016.
    Penulis : muawanah
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al-Rasyid, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pejagan 6 Bangkalan Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis kuantitatif. Adapun tempat penelitian dilakukan di SDN Pejagan 6 Bangkalan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan teknik dokumentasi untuk mengungkap prestasi belajar siswa. Data dalam penelitian ini di analisis menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t pengujian signifikansi thitung (3,776) > nilai ttabel (2,024) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,522, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian artinya bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Pejagan 6 Bangkalan Tahun Ajaran 2015-2016 dan kontribusi yang disumbangkan oleh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 27,3%.

    Abstraction

    This study is aimed to know the correlation of teacher’s pedagogic competence with students’ achievement for fifth grade student in Elementary School Pejagan 6 Bangkalan in academic year of 2015-2016. This study is correlational research with quantitative analysis. This study is conducted in Elementary School Pejagan 6 Bangkalan. Samples in this study are forty students for fifth grade student. Techniques of collecting data are questionnaire technique to measureteacher’s pedagogic competence and documentation technique to uncover the students’ achievement. Data in this study are analyzed by using correlation analysis of Pearson Product Moment. The results of this study show that the value of t test of significance is tcount (3,776) > ttable (2,024) with the correlation coefficient is 0,522, so H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it means that there is a significant positive correlation between teacher’s pedagogic competence with students’achievement for fifth grade student in Elementary School Pejagan 6 Bangkalan in academic year of 2015-2016 and the contributions which given by teacher’s pedagogic competence on students’ achievement is 27,3%.

Detail Jurnal