Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN Sumberaji.
    Penulis : Khusnul Khotimah
    Dosen Pembimbing I : Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SDN Sumberaji. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian ini Quasi Experimental Desing dengan teknik Nonequivalent Control Group Desing. Instrumen penelitian ini tes hasil belajar, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan angket respon siswa. Sampel penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh. Hasil analisa data menunjukkan nilai t hitung 2,204 > t tabel 2,101, maka Ho ditolak dengan keputusan terdapat terdapat pengaruh signifikan antara penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SDN Sumberaji. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran berjalan dengan baik, respon siswa baik saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer. Kata kunci : Model Pembelajaran Advance Organizer, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

    Abstraction

    The study entitled aims to know the effect of the application of advance organizer instructional model on Social Science learning outcomes in the material of natural resources and economic activity of fourth grade in SDN Sumberaji. Approach of this study is quantitative approach and the design of this study is Quasi Experimental DesignwithNonequivalent Control Group Design technique. Instruments of this study are learning outcomes test, students and teacher activities observation test, and students’ questionnaire responses. Sample of this study uses saturated sampling technique. The data analysis results show that the value of t count 2,204 > t table 2,101, so Ho is rejected with the decision that there is a significant effect between the application of advance organizer instructional model on Social Science learning outcomes in the material of natural resources and economic activity of fourth grade in SDN Sumberaji. Teacher activities run well, students’ responses are good in the learning by using advance organizer instructional model. Keywords:Advance OrganizerInstructional Model, Social Science Learning, Learning Outcome

Detail Jurnal