Detail Karya Ilmiah

  • Perbedaan Asertivitas Ditinjau dari Big Five Traits Personality pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Liya Mu'izzu Tifani Tuki
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan asertivitas ditinjau dari big five traits personality pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Pada penelitian kuantitatif ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebesar 70 mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan teknik analisis data yang digunakan ialah Kruskal-Wallis. Adapun Skala Big Five Traits Personality terdiri dari 40 item yang diadaptasi dari Skala Big Five Traits Personality oleh Herawati (2015), sedangkan untuk Skala Asertivitas sebanyak 40 item yang disusun berdasarkan teori dari Alberti dan Emmons (2002) yang dikembangkan oleh peneliti dari lima aspek asertivitas. Uji validitas Skala Big Five Traits Personality dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh 39 item valid dengan reliabilitas cronbach’s alpha 0,828. Uji validitas Skala Asertivitas dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh 34 item valid dengan reliabilitas cronbach’s alpha 0,826. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa Chi-Square 2,217 dan nilai signifikansi 0,696 dengan taraf signifikansi < 0,05, sedangkan dari hasil pengolahan data tersebut memiliki nilai sig. > 0,05 maka dinyatakan bahwa hipotesis tidak diterima, sehingga disimpulkan tidak ada perbedaan asertivitas yang ditinjau dari big five traits personality pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang ditunjukkan dari nilai sig. 0,696 > 0,05. Kata Kunci : Asertivitas, Big Five Traits Personality, Mahasiswa

    Abstraction

    The purpose of this study to determine the difference assertiveness in terms of the big five personality traits in students at the University of Trunojoyo Madura. The method used is quantitative comparative method. In this quantitative study, the method of sampling is using purposive sampling of 70 students at the University of Trunojoyo Madura and data analysis technique used is the Kruskal-Wallis. As for Scale of the Big Five Traits Personality consists of 40 items were adapted from Scale Big Five Traits Personality by Herawati (2015), while for Scale Assertiveness as many as 40 items were compiled based on the theories of Alberti and Emmons (2002), which was developed by researchers from the five aspects of assertiveness. Test the validity of Scale the Big Five Traits Personality with a significance level of 0.05 was obtained 39 valid items with a reliability Cronbach's Alpha 0.828. Test the validity of Scale Assertiveness with a significance level of 0.05 was obtained 34 valid items with a reliability Cronbach's Alpha 0.826. Based on this study showed that Chi-Square 2.217 and 0.696 with a significance value significance level <0.05, while the results of the data processing has sig. > 0.05 then stated that the hypothesis is not accepted, so it concluded there was no difference in terms of assertiveness the big five personality traits on Madura Trunojoyo University students demonstrated on the sig. 0.696> 0.05. Keywords : Assertiveness, Big Five Traits Personality, Students

Detail Jurnal