Detail Karya Ilmiah

  • Perilaku Persuasif Politik Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dalam Kampanye Politik pemilu Raya
    Penulis : Muhammad Wahyu Wijayanto
    Dosen Pembimbing I : dr. Siti Nurfitria, S.Ked., M. Biomed.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    MUHAMMAD WAHYU WIJAYANTO. Perilaku Persuasif Politik Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Dalam Kampanye Politik Pemilu Raya. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, 2016. Halaman: XII+116 halaman+73 lampiran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku persuasif politik mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dalam kampanye politik pemilu raya. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik penentuan subjek menggunakan purposive sampling, serta metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian berjumlah tiga orang mahasiswa yang menjadi tim sukses dan melakukan kampanye politik dalam pemilu raya. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil yang di dapatkan berdasarkan aspek dari gambaran perilaku persuasif politik pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dalam kampanye politik pemilu raya. Pada aspek attention terdapat cara yang dilakukan tim sukses untuk mendapatkan perhatian dari mahasiswa dengan mempromosikan calon mereka menggunakan pamflet, banner, dan juga stiker. Pada aspek need yaitu Tim sukses untuk mendapatkan dukungan dengan menggunakan program kerja yang di bentuk berdasarkan kebutuhan dari mahasiswa. Pada aspek satisfaction, Subjek membuat agar mahasiswa bisa memiliki kepuasan dengan membuat program kerja yang berpihak kepada mahasiswa dan menyebarkan angket survei agar apa yang menjadi masukan dan yang menjadi harapan mahasiswa bisa di tuangkan dalam angket tersebut. Pada aspek visualization, subjek memberikan gambaran terkait visi misi dan program kerja yang di buatnya berdasarkan realita sesungguhnya agar mahasiswa dapat memahami maksud dan tujuan mereka. Pada aspek action, subjek melakukan beberapa tindakan (aksi) dengan berbagai cara seperti melakukan penjemputan pada mahasiswa saat pemilu raya berlangsung di area gedung perkuliahan dan di tempat-tempat yang lainnya. Apabila semua aksi yang di lakukan oleh tim sukses gagal maka akan ada aksi cadangan yang mereka lakukan. Kata Kunci : perilaku persuasif, mahasiswa, kampanye politik. Daftar Pustaka : 37 (1985-2016)

    Abstraction

    MUHAMMAD WAHYU WIJAYANTO. Political Persuasive Behavior Trunojoyo Madura University Students In Political Campaigns Of The Election. Courses psychology, Faculty of social sciences And cultural studies, University of Local Trunojoyo, 2016. Pages: XII + 116 + page 73 attachments This research aims to know the description of the behavior of persuasive political Trunojoyo Madura University students in political election campaigns. Using qualitative research methods a descriptive approach to the study of Phenomenology. The technique of determination of the subject using a purposive sampling, as well as the method of data collection using a semi structured interview. The subject of the study amounted to three students who became a successful team and conduct political campaigns in the Kingdom. Data analysis techniques using models, Miles and Huberman, namely the reduction of the data, the presentation of data, and verification as well as the withdrawal of the conclusion. In the get results based on aspects of the description of the behavior of University students in political persuasive Trunojoyo Madura in the political campaign of the election. On the aspect of attention there is a way that team success to get the attention of students by promoting their candidates using pamphlets, banners, and also a sticker. On the aspect of the need that is Team success to get support by using the form on the work program based on the needs of the student. On the aspect of satisfaction, the subject make it so students can have the satisfaction of making the program work in favour of the now spreading to students and surveys so that what is being input and student expectations could be in question form pour in. On aspects of visualization, the subject gives an overview of the program's mission and vision-related work in proper based on actual reality so that students can understand the intent and purpose of them. On the subject of the action, take some action in various ways as it did pick up on a student when the election takes place in the building area of the Kingdom, lectures and in other places. If all the actions performed by the successful team fail then there will be a backup action they did. Keywords: persuasive behavior, students, political campaigns. Bibliography: 37 (1985-2016)

Detail Jurnal