Detail Karya Ilmiah

  • GAMBARAN REGULASI DIRI MAHASISWA BIDIK MISI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA YANG MENGALAMI PENURUNAN PRESTASI AKADEMIK
    Penulis : Novi Ariska
    Dosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Novi Ariska (120541100070). Gambaran Regulasi Diri Mahasiswa Bidik Misi Universitas Trunojoyo Madura yang Mengalami Penurunan Prestasi Akademik. Skripsi. Program Studi Psikologi Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura. 2016. xvii+ 128 halaman dan 15 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri mahasiswa bidik misi Universitas Trunojoyo Madura yang mengalami penurunan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada ketiga mahasiswa bidik misi yang ditentukan berdasarkan purposive sampling yang memiliki kriteria minimal semester 6, mahasiswa yang mempunyai riwayat penurunan indeks prestasi semester (IPS) ? 0,4 poin, mahasiswa bidik misi yang semester sekarang memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) cumlaude. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara semiterstruktur. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu gambaran regulasi diri mahasiswa bidik misi Universitas Trunojoyo Madura yang mengalami penurunan prestasi akademik pada 6 aspek regulasi diri. Pada aspek standar dan tujuan yang ditentukan sendiri, mahasiswa bidik misi menginginkan untuk tidak mendapatkan indeks prestasi komulatif (IPK) dibawah 3,00 dan juga mempunyai keinginan untuk lulus tepat waktu. Pada aspek pengaturan emosi, mahasiswa bidik misi merasa sedih dan kecewa karena mengalami penurunan nilai sehingga mahasiswa bidik misi berusaha untuk meningkatkan prestasinya. Pada aspek intruksi diri, mahasiswa bidik misi mengintruksi diri untuk selalu belajar lebih giat dan optimal agar mendapatkan nilai yang maksimal. Pada aspek monitor diri, mahasiswa bidik misi mengatur waktu untuk belajar maksimal dengan cara tidak mengikuti kegiatan non akademik. Pada aspek evaluasi diri, mahasiswa bidik misi berusaha belajar secara optimal sehingga berhasil meningkatkan prestasi akademik yang pernah turun. Pada aspek kontingensi yang ditetapkan sendiri, mahasiswa bidik misi merasa senang karena berhasil meningkatkan prestasinya dan mempertahankan beasiswa bidik misi hingga sekarang dan dapat membuktikan kepada orang-orang yang sudah mendukungnya. Kata Kunci : Regulasi diri, mahasiswa bidik misi, prestasi akademik. Daftar Pustaka : 29 (1998-2015)

    Abstraction

    ABSTRACT Novi Ariska (120 541 100 070). Self Regulatory Overview of Bidik Misi Student in University of Trunojoyo Madura Experiencing Academic Achievement Drop. Thesis. Psychology Study Program, Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura. 2016. xvii + 128 pages and 15 attachments. This study aimed to describe self-regulation of Bidik Misi student of University of Trunojoyo Madura who decreased academic achievement. This study used qualitative research with phenomenological approach to the three Bidik Misi students determined by purposive sampling that had the minimum criteria of 6th semester students who had a history of GPA semester (IPS) ? 0.4 points, and Bidik Misi students who had a cum laude Grade Point Average (GPA) this semester. Data collection was performed by using the method of data collection that was semistructured interview. The results obtained in this study was an overview of self-regulation of Bidik Misi students of University of Trunojoyo Madura which decreased academic achievement at 6 (six) aspects of self-regulation. In the aspect of standards and objectives set by their own, Bidik Misi students wanted to not get a Grade Point Average (GPA) under 3.00 and also had a desire to graduate on time. In the aspect of the regulation of emotions, Bidik Misi students felt sad and disappointed because of grade drop so the students tried to improve their achievement. In the aspect of self instructions, Bidik Misi students instructed themselves to always study hard and optimal in order to obtain maximum grades. In the aspect of self-monitor, Bidik Misi student set the maximum time to learn by not following the non-academic activities. In the aspect of self-evaluation, they tried to learn optimally so they succeeded in improving academic achievement which ever went down. In the aspect of self-imposed contingency, they felt happy because they succeeded in improving their achievement and maintained Bidik Misi scholarship until now and could prove to the people who already supported them. Keywords: self-regulation, Bidik Misi student, academic achievement. Bibliography: 29 (1998-2015)

Detail Jurnal