Detail Karya Ilmiah

  • SELF MANAGEMENT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA YANG SUDAH BEKERJA
    Penulis : Arini Huda Pulampas
    Dosen Pembimbing I : Yan Ariyani, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Self management pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Trunojoyo Madura yang sudah bekerja. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara semi terstruktur. Subjek dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, tiga orang subjek dalam penelitian ini dengan kriteria: Mahasiswa yang masih aktif di UTM, rentang usia 18-40 tahun (dewasa dini), mahasiswa akhir yang sudah mengambil mata kuliah skripsi dan sudah bekerja. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman, yakni dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasilnya, self management pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Trunojoyo Madura yang sudah bekerja jika ditinjau dari segi aspek yaitu: 1. Pengelolaan waktu: Mahasiswa akhir yang sudah bekerja, dituntut untuk bisa mengelola waktu dengan baik agar dalam melakukan kerja dan menyelesaikan skripsi keduanya dapat terselesaikan, subjek pun membagi waktu antara keduanya. Akan tetapi ada hambatan-hambatan tertentu yang membuat subjek lebih memprioritaskan pekerjaan dari pada skripsi. 2. Hubungan antar manusia: Hubungan subjek dengan orang-orang sekitarnya baik, meskipun mempunyai banyak jadwal yang harus bekerja dan mempunyai tanggungan untuk menyelesaikan skripsi, akan tetapi subjek tidak pernah melewatkan waktunya untuk berinteraksi dengan lingkunganya, sedangkan dengan keluarganya, komunikasi subjek sedikit terpotong karena intensitas betemunya yang kurang karena pekerjaanya. 3. Perspektif diri: Penerimaan diri subjek tentang dirinya sesuai dengan penilaian orang lain terhadapnya. Penilaian-penilaian tersebut bersifat positif, sedangkan penilaian yang negatif terhadap subjek juga diterimanya dengan baik serta subjek juga menyadarinya terbukti dari hasil penelitian, sehingga subjek dikatakan mempunyai penerimaan diri yang baik pula. Kata kunci: Self management, mahasiswa tingkat akhir, yang sudah bekerja. Daftar Pustaka: 31 (1980-2016)

    Abstraction

    This study has objective to know the portrait of self-management in finalyear students of University of Trunojoyo Madura who have been working. Method of this study uses phenomenology qualitative method. Method of collecting data uses semi-structured interview. Subject is chosen by using purposive sampling method with three subjects in this study that have the criteria of: Active students of UTM, in the age range of 18-40 years (early adulthood), final-year students who have been taking a thesis and have been working. Technique of data analysis uses Miles and Huberman model that is by data reduction, data display, and verification or drawing conclusion. The results of self-management in final-year students of University Trunojoyo Madura who have been working if it is reviewed from the terms of the aspects are: 1. Time management: Final-year students who have been working are required to be able to manage time well in order to be able to finish the work and thesis together, then, the subjects divide their time between the two things. However, there are certain obstacles that make subjects prioritize the work rather than the thesis. 2. Human relationships: The relationship between the subjects and people around is good enough, although they have many schedules that must be work and have a responsibility to finish their thesis, however, the subjects never miss their time to interact with their environment, whereas with their family, the communication of subjects is slightly disturbed because the intensity of meeting is decreasing due to the work. 3. Self-perspective: Acceptance of the subjects about themselves is in accordance with the judgments of others towards them. The assesment about have positive. Keywords:Self-management, final-year students, who have been working. Bibliography: 31 (1980-2016)

Detail Jurnal