Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MAHASISWA DENGAN DOSEN PEMBIMBING TERHADAP MOTIVASI MENGERJAKAN SKRIPSI MAHASISWA PSIKOLOGI UTMPenulis : Aminatul ChusnahDosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati S.Psi., M.Psi., PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Aminatul Chusnah. 12.054.11.000.40. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antara Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Terhadap Motivasi Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Psikologi UTM. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2016 Halaman : xix+80 halaman, 20 Lampiran Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal antara mahasiswa dengan dosen pembimbing terhadap motivasi mengerjakan skripsi dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi atau sumbangan efektif komunikasi interpersonal antara mahasiswa dengan dosen pembimbing terhadap motivasi mengerjakan skripsi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis skala, yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala motivasi mengerjakan skripsi. Subjek yang digunakan dalam penenlitian ini adalah 70mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan teknik simple random sampling. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 20.0.Hipotesis yang diajukan dalam penenlitian ini adalah ada hubungan positif dan berpengaruh signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap motivasi mengerjakan skripsi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh F hitung=15.624 dengan tingkat signifikansi/problabilitas 0.00 < 0.05 yang artinya hipotesis diterima. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan oleh peneliti, yaitu ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel komunikasi interpersonal terhadap variabel motivasi mengerjakan skripsi. Besarnya kontribusi atau sumbangan efektif diperoleh dari nilai R square sebesar 0.187=18.7% yang artinya kontribusi atau sumbangan efektif komunikasi interpersonal antara mahasiswa dengan dosen pembimbing terhadap motivasi mengerjakan skripsi sebesar 18.7% sedangkan sisanya sebesar 82.3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.Tingkat komunikasi interpersonalantara mahasiswa dengan dosen pembimbing menunjukkan dalam kategori tinggi, dan tingkat motivasi mengerjakan skripsi menunjukkan dalam kategori tinggi. Kata Kunci:Komunikasi Interpersonal, Motivasi Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa, Dosen Pembimbing Daftar Pustaka : 51 (1983-2015)
AbstractionABSTRACT Chusnah, Aminatul. 12.054.11.000.40. The Interpersonal Communication Effect Between Students and Advisor toward the Motivation in Conducting Thesisof Psychology Student University of Trunojoyo Madura. Thesis. Psychology Study Program. Faculty of Social and Cultural Sciences. University of Trunojoyo Madura. 2016. xix+80 pages and 20 Appendices. This study is aimed to examine the effect of interpersonal communication between students and advisors toward the motivation in conducting thesis and to find out how massive the contribution or donation of effective interpersonal communication between students and advisors toward the motivation in conducting thesis. Methods of collecting data in this study are two types of scale, the scale of interpersonal communication and motivation scale in conducting the thesis. The subjects are used in this study are 70 students who are doing a thesis by simple random sampling technique. Method of analyzing data in this study is simple regression with SPSS 20.0. The hypothesis of this study is connected between the significant effects toward the motivation of interpersonal communication in conducting thesis. Based on the analysis of data, it is obtained F count = 15 624 with a level of significance / possibilities 0.00 < 0.05 which means that the hypothesis is accepted. This is consistent with the hypothesis proposed by the researchers, that there is a significant positive effect between the variables of interpersonal communication and motivation in conducting thesis. The amount of the contribution or effective contribution derived from the value of R square of 0.187 = 18.7%, which means contributions or donations effective interpersonal communication between students and advisors toward the motivation in conducting a thesis by 18.7% while the remaining 82.3% is explained by other factors not measured in this study , the level of interpersonal communication between students and advisors demonstrated in the high category, and level of motivation working on thesis shows in the high category. Keywords: interpersonal communication, motivation in conducting thesis, students, advisor Bibliography : 51 (1983-2015)