Detail Karya Ilmiah

  • PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PONDOK PESANTREN NUBDZATUL BAYAN PAMEKASAN
    Penulis : MUTMAINNAH
    Dosen Pembimbing I : dr. Siti Nurfitria, S.Ked., M.biomed
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Mutmainnah, 120541100027. Penyesuaian Diri Pada Anak Usia Prasekolah Di Pondok Pesantren. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2017. xix + 145 halaman dan 18 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri pada anak usia prasekolah di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak perempuan dan satu anak laki-laki di pondok pesantren Nubdzatul Bayan yang berlokasi di Pamekasan Madura. Subjek berusia 5-6 tahunyaitu (NW, TZ dan LD) yang ditentukan berdasarkan teknik purposive samplingdengan metode pengumpulan data wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilihat dari beberapa aspek penyesuaian diri yakni penampilan yang nyata ditunjukkan oleh ketiga subjek dengan pakaian muslim dan muslimah yang disesuaikan dengan santri lain. Penyesuaian terhadap berbagai kelompok ditunjukkan ketiga subjek disaat subjek melakukan segala aktifitas di pesantren dengan kelompok sosialnya, mulai dari belajar bersama, mandi, makan, tidur dan aktifitas lainnya. Aspek memiliki sikap sosial menunjukkan bahwa ketiga subjek dapat menunjukkan sikap sosial yang baik melalui hasil belajar yang diperoleh dari santri lain, yaitu menundukkan kepala pada pengasuh pondok, saling membantu sesama santri dan menggunakan bahasa madura halus dalam percakapan sehari-hari. Dan aspek kepuasan pribadi ditunjukkan ketiga subjek disaat subjek mendapat juara dalam lomba yang diikuti serta rangking yang diraih subjek di kelas. Kepuasan subjek juga ditunjukkan ketika subjek dapat berperan aktif dalam mengikuti aktifitas pondok. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Anak Usia Prasekolah, pondok pesantren. Daftar Pustaka : 23 (1980-2016)

    Abstraction

    ABSTRACT Mutmainnah, 120541100027. The Adjustmentof Preschooler In Muslim Boarding School. Thesis. Psychology Department, Faculty of Cultural and Social Science, University of Trunojoyo Madura. 2017. xix + 145 halaman dan 18 lampiran. This study aims to describe the adjustment in preschool of the children in muslim boarding school. This study used a qualitative descriptive case study approach. The subjects of this study are two girls and one boy in Nubdzatul Bayan boarding school located in Pamekasan Madura. The subjects aged are 5-6 years those are (NW, TZ and LD) were determined by purposive sampling with the data collection methods of semi-structured interviews. Data were analyzed using the model of Miles and Hubermanthose are data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study seen from some aspects of the adjustment that was the real appearance shown by three subjects with muslim clothing that they adapted to other students.The adjustmentsof the various groups of three subjects demonstrated when they do all the activities at the school with social groups, such as learning together, shower, eat, sleep and other activities. The aspects of social attitudes showed that all three subjects can show a good social attitudes through learning from other students, such as lowered his head to the caretakers cottage, help other students and use a good Madura language in their daily conversation. The aspects of personal satisfaction also shown by the three subjects when they received a champion in the contest that they followed as well as the ranking that they achieved in the class. The satisfaction of the subjects also indicated when they actively participate in boarding school activities. Key Word : Self Adjusment, Preschool of the Children, Boarding School. Reference :23 (1980-2016)

Detail Jurnal