Detail Karya Ilmiah
-
Penyesuaian Sosial Pada Kembar Identik Remaja Awal Yang Mengalami Twibling Rivalry (Twin Sibling Rivalry)Penulis : Lilik HidayatiDosen Pembimbing I : Yudho Bawono, S.Psi., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyesuaian Sosial pada Kembar Identik Remaja Awal yang Mengalami Twibling Rivalry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penentuan sampel purposive sampling, kriteria subjek yang diteliti adalah kembar identik yang mengalami twibling rivalry dan memasuki masa remaja awal berkisar umur 13-17 tahun. Teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman, yakni dengan mereduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan, dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian sosial pada kembar identik remaja awal yang mengalami twibling rivalry terdapat tiga hal yang berpengaruh pada kemampuan penyesuaian sosial remaja kembar identik : (1) sikap/pola asuh orang tua pada masing-masing anak kembarnya, jika orang tua bersikap adil pada anak kembarnya serta memberikan pendidikan akan pentingnya bersosialisasi dengan tetangga, teman maka anak akan mudah dalam penyesuaian sosialnya (2) pola coping masing-masing remaja kembar identik dalam menanggapi terjadinya twibling rivalry, dan (3) usia remaja kembar identik karena semakin besar usia seseorang maka ia akan semakin mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya karena adanya proses belajar dari tingkat pendidikan, adapun kriteria remaja kembar identik yang mengalami twibling rivalry antara lain : pada kriteria penampilan nyata terdapat kembar identik yang berani membuka pembicaraan dengan orang lain, mengikuti organisasi namun sebaliknya ada pula yang tidak aktif dalam organisasi, pada kriteria penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok terdapat remaja kembar identik yang mudah dalam menyesuaikan diri namun adapula yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri, kriteria sikap sosial menunjukkan bahwa terdapat remaja kembar identik yang senang bersosialisasi dengan tetangga namun juga terdapat kembar identik yang tidak pernah bersosialisasi dengan tetangga, sedangkan pada kriteria kepuasan pribadi remaja kembar identik ada yang puas dengan lingkungannya hal ini ditunjukkan dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan baik di sekolah maupun di masyarakat namun terdapat juga kembar identik yang tidak puas dengan lingkungannya sehingga menunjukkan sikap menarik diri dari lingkungannya.
AbstractionThis study aims to determine the Social Adjustment on Identical Twins Early Adolescents Who Have Twibling Rivalry. This study used descriptive qualitative method with sampling purposive sampling, criteria for subjects in the study were identical twins who have twibling rivalry and into early adolescence age range 13-17 years. Techniques of analysis using models Miles and Huberman, ie the data reduction, data display, verification and confirmation conclusions, performed with semi-structured interviews. The results of this study indicate that social adjustment in identical twins early teens who experienced twibling rivalry there are three things that affect the ability of adolescent social adjustment of identical twins: (1) attitude / parenting parents at each of the twins, if parents are fair on twins and providing education on the importance of socializing with neighbors, friends then the child will be easier in social adjustment (2) patterns of coping respectively teenage identical twins in response to the twibling rivalry, and (3) the teenage years of identical twins because of the greater age someone then he will be able to adapt to the social environment for their learning level of education, while the criteria teenage identical twins who have twibling rivalry among others: the criteria of real appearance are identical twins who dared to open talks with other people, to join the organization but otherwise some are not active in the organization, the criteria for adjustment to the various groups are teenagers identical twins are easy to adjust, but there are those who have difficulty in adjustment, the criteria of social attitudes shows that there are teenage identical twins who like to socialize with neighbors but also there are identical twins who never socialized with neighbors, while on the criterion of personal satisfaction teenage identical twins there were satisfied with the environment as shown by participating in activities both in school and in the community, but there are also identical twins who are not satisfied with the environment so that shows the attitude withdraw from their environment.