Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH DUKUNGAN GURU TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)Penulis : Olivia Eka Syam PutriDosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Dukungan Guru dan Keberhasilan Belajar berbentuk korelasi pearson dari likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametric dengan uji korelasi pearson yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 23.0 Statistics for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil nilai F sebesar 0.998 dengan signifikan 0.536 (0.536> 0,05) yang artinya hipotesis diterima, oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Dukungan Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
AbstractionThis study aims to determine the Effect of Teacher Support on Therapy Success in Children with Special Needs. This study uses a quantitative approach with non-probability sampling technique. The number of samples in this study are 21 people. Data collection techniques use a Effect of Teacher Support on Therapy Success in Children with Special Needs with of Pearson Correlation by Likert. Data analysis in this study uses parametric statistics with the Pearson Correlation tests conducted with the help of the SPSS 23.0 Statistics for Windows program. Based on the results of data analysis, the results of F are 0.998 with a significance 0.536 (0.536> 0,05) which means that the hypothesis is accepted, therefore the results of this study indicate that there is an influence of Theacher Support on Successful Therapy in Children with Special Needs.