Detail Karya Ilmiah

  • Regulasi Emosi pada Guru Honorer
    Penulis : Nurul Qomariyah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Regulasi Emosi Pada pada guru honorer dengan menggunakan tiga subjek (MA, HK dan LN ). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan 3 guru honorer sebagai subjek penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur dengan teknik analisis Milles and Huberman dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek mampu meregulasi emosinya. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari 4 aspek regulasi emosi, yaitu yang pertama guru honorer dalam mengatasi permasalahan tersebut mereka melakukan dengan cara mencari pekerjaan sampingan, mengelola perasaannya ketika lelah bekerja dengan berkumpul bersama keluarga dan pasrah dengan keadaan, berusaha mengikhlaskan apa yang sudah terjadi serta percaya rejeki sudah ada yang mengatur hal ini dilakukan untuk mengembalikan emosi positifnya. Yang kedua, guru honorer tetap bertahan melakukan pekerjaan sebagai guru meskipun banyak mendapatkan perlakuan tidak adil ataupun gunjingan dari masyarakat setempat dan berusaha agar tidak terpengaruh atas komentar negatif yang didapatkan dan selau berpikir positif. Yang ketiga guru honorer ketika merasakan emosi negatif seperti marah respon fisiologis yang ditunjukkan nada suara tinggi dan tangan menjadi gemetar namun guru honorer mengontrolnya dengan memilih untuk menghindar dan keluar dari situasi yang menimbulkan ketidaknyamanan. yang keempat guru honorer mampu menerima dari segala bentuk emosi yang dialaminya bentuk-bentuk perilaku yang diterapkan oleh guru honorer dengan cara mensyukuri kedaan dengan berpikir positif, ikhlas, pasrah pada Allah.

    Abstraction

    This study aims to determiner emotion the description of emotional regulation on the hononary teacher by using three subjects. This research is a qualitative descriptivel research using 3 hononary teacher as research subject determined by using purposive sampling technique. Method of data retrieval used is semi structured interview with technique analysis of Milles and Huberman by using triangulation of source as test of data validity. The results showed the three subjects were able to regulated their emotions while performing their duties as honorary theacher. the statement can be seen from 4 aspect of emotional regulation that is the first hononary teachers in overcoming these problems they do how find a side job managing his feelings when tired of working with family together and trying to explain what had happened as well as believing fortune already exist that regulate this is donr to restore positive emotions . The second hononary teachers continue todo their work as teachers despite many getting unfair treatment or gossip from the local community and tring to avoid being affected by negative comments and always positive thinking. The third when feeling negative emotions such as anger physiological responses are shown tone of voice high and the hands become trembling but the teacher hononarium control it by choosing to avoid and out of the situasion that cause inconvenience. the fourth hononary teachers are able to accept all forms of behavior applied by hononary teachers by way of thanksful for the state by thinking positive, sincere, resigned to God.

Detail Jurnal