Detail Karya Ilmiah

  • Pola Komunikasi Keluarga Dalam Memotivasi Anak Menghafal Al Quran
    Penulis : Suwindar Putpitaningsih
    Dosen Pembimbing I : Dewi Quraisyin, S.Pd.I., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Keluarga merupakan tempat pertama anak-anak dalam mempelajari setiap nilai-nilai kehidupan, termasuk dalam hal menghafalkan Al Quran. Setiap keluarga dimanapun berada menginginkan anak-anaknya mampu menghafalkan dengan baik serta mampu mengaplikasikannya dalam kesehariannya. Dalam menghafalkan Al Quran tidak terlepas dari bagaimana pola komunikasi yang keluarga terapkan untuk terus memotivasi anak-anaknya untuk terus semangat dan tidak tertekan dalam prosesnya. Sebagaimana yang diterapkan oleh dua keluarga dalam penelitian ini, yaitu keluarga Bapak Taufiq dan Bapak Farid yang berdomisili di wilayah Kamal dan Socah kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dikaji komunikasi dan pola komunikasi dalam keluarga dalam memberikan motivasi kepada anak-anaknya dalam menghafalkan Al Quran sejak kecil. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis sesuai teori yaitu Pola Komunikasi Keluarga menurut Joseph De Vito. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam dua keluarga ini memiliki pola komunikasi tak seimbang terpisah dalam melakukan komunikasi setiap harinya. Kedua keluarga ini menggunakan cara bercerita untuk menjalin komunikasi dengan anak-anaknya Terdapat satu orang dalam setiap keluarga yang memiliki kemampuan lebih yaitu ketegasan dan kemampuan berpikir logis, dan dalam hal motivasi menghafal Al Quran, dua keluarga ini memiliki pola komunikasi seimbang terpisah. Kata kunci : Pola Komunikasi Keluarga, Motivasi, Penghafal Al Quran (Hafidz)

    Abstraction

    ABSTRACT Family is the home of children in learning the value of life. Include there is memorizing the holy Qur’an as well as its practicing in their daily. In memorizing the Qur’an it need a good communication in motivating them thus they always in high desire. In order to make the children are not in under pressure in their process. On that point, these two families; Sir Taufik and Sir Farid are taken as the subjects of this research. These families are located in Kamal and Socah with qualitative descriptive as the method of the research. In this research,analyzed using communication and the role of family communication in motivating the children through memorizing the holy Qur’an since they were young. The data taken from the observations, the interviews and the documentations the writer did on both families. Therefore, the data analyzed based on the role of family communication according to Joseph de Vito. The result of this research shows that both of families have Unbalance Split Patternon the treatment through their daily. Both families used telling story technique in delivering the communication with their children. However, there is one person of each family who has logical thinking and clearness ability and the other one has Balance Split Patternin guidance the children through memorizing the holy Qur’an. Keywords: family communication, motivation, and the memorizer of holy Quran (hafidz).

Detail Jurnal