Detail Karya Ilmiah

  • IMC BIRO PERJALANAN WISATA JELAJAH SUMENEP DALAM MEMASARKAN PARIWISATA KEPULAUAN DI KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : RADEN RIZQI EKA ADITYA RAMADHAN
    Dosen Pembimbing I : Dewi Quraisyin, S.Pd.I.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Skripsi ini berjudul “IMC Biro Perjalanan Wisata Jelajah Sumenep dalam Memasarkan Pariwisata Kepulauan di Kabupaten Sumenep” dengan latar belakang Biro Perjalanan Wisata yang merupakan unsur pelaksana Industri Pariwisata dan mempunyai tugas mempersiapkan jalur hubungan dengan konsumen diperlukan suatu langkah nyata dalam menjalin saling pengertian dan kepercayaan dengan berbagai pihak dalam mengenalkan potensi wisata dan menarik wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dasar deskriptif. Penelitian ini bersumber dari data primer yang langsung diperoleh dengan melakukan penelitian di kantor Biro Perjalanan Wisata Jelajah Sumenep yang kemudian didukung dengan data sekunder yang berupa literatur-literatur sebagai pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggukan teknik triangulasi dimana peneliti mengecek data kepada sumber tetapi dengan teknik pengumpulan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipati dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwasanya IMC dalam memasarkan pariwisata kepulauan di Kabupaten Sumenep oleh biro perjalanan wisata Jelajah Sumenep terhadap peningkatan jumlah konsumen sudah berjalan sesuai dengan memanfaatkan beragam elemen komunikasi yang berbeda beda agar tercipta koherensi yang saling mendukung. Peningkatan konsumen terhadap wisata kepulauan di Kabupaten Sumenep oleh biro perjalanan wisata Jelajah Sumenep dikarenakan dalam perencanaan strategi komunikasi pemasaran efektif dan efisien, seperti halnya pemilihan dan menetapakan target audience, brand soul, selling idea,message, contact point dan marcomm mix. Kata Kunci: IMC, Jelajah Sumenep, Pariwisata Kepulauan

    Abstraction

    This thesis entitled "IMC Travel Bureau Jelajah Sumenep in Marketing Tourism Islands in Sumenep Regency" with the background of Travel Bureau which is the implementing element of Tourism Industry and has the task of preparing the path of relationship with consumers needed a concrete step in establishing mutual understanding and trust with various Parties in introducing tourism potential and attract tourists. This research uses qualitative research method with descriptive basis. This research comes from primary data directly obtained by doing research at the office of Travel Bureau Jelajah Sumenep which is then supported by secondary data in the form of literature as a supporter. Data collection techniques in this study through interviews, observation and documentation. This study using triangulation technique in which researchers checked the data to the source but with data collection from the same source. Researchers used in-depth interviews, participatory observations and documentation for the same data source simultaneously. Based on the results of research in the field that IMC in marketing tourism island in Sumenep regency by travel agency Jelajah Sumenep tour to increase the number of consumers have been running in accordance with utilizing various different communication elements different in order to create mutual support coherence. Increased consumer towards the islands in Sumenep travel by travel agents in Sumenep Jelajah due in planning marketing communication strategy effectively and efficiently, as well as the selection and sets the target audience, the brand soul, selling idea, message, contact point and Marcomm mix. Keywords: IMC, Jelajah Sumenep, Tour Islands

Detail Jurnal