Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pedagang Lontong dalam Meningkatkan Penjualan Lontong untuk Mempertahankan Eksistensi Kampung Lontong di Surabaya
    Penulis : Salman Alfarisi
    Dosen Pembimbing I : Dewi Quraisyin, S.Pd.I, M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini menjelaskan pengembangan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang lontong baru dalam meningkatkan penjualannya sehingga Kampung Lontong Surabaya dikenal eksistensinya. Subjek dari penelitian ini adalah pedagang lontong di Kampung Lontong Surabaya. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan komunikasi pemasaran. Analisa yang digunakan adalah empat komponen utama komunikasi pemasaran 4P (product, price, place, dan promotion) untuk dibandingkan komunikasi pemasaran pedagang lama dan pedagang baru. Hal ini untuk mengetahui pengembangan yang digunakan oleh para pedagang baru.Penelitian ini dikaji melalui teori komunikasi pemasaran Philip Kotler. Model triangulasi sumber digunakan untuk memastikan keabsahan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di kemampuan membaca perubahan perilaku konsumen membuat para pedagang baru melakukan pengembangan komunikasi pemasaran lontong. Beberapa pengembangan telah dilakukan oleh pedagang baru dari segi produk, harga, tempat distribusi dan promosi.

    Abstraction

    This research to explain about marketing communication development seller of Lontong to increase lontong’s sell to keep the existance Lontong Village at Surabaya. . The research subject is seller lontong’s at Lontong Village Surabaya. The research object is development of marketing communication. Analysis that is utilized in this research bases four communication main components marketing or 4P (product, price, place, and promotion) to compare about marketing communication old seller and new seller. So gets to be known by development already being done by new seller This research assessed by marketing communication theory theory by Philip Kotler. Source triangulation model is utilized to ensure this research authenticity. Base observational result is ability reads changing consumer behaviour make new seller do marketing communication innovation to lontong. Severally developmental was done by new seller of lontong of product, price, distribution and promotion place.

Detail Jurnal