Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI HUMAS DISPORA KABUPATEN BANGKALAN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF
    Penulis : Firly Dwi Maulidia Agustin
    Dosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty,S.Sos,Msi
    Dosen Pembimbing II :Dr. Tatag Handaka
    Abstraksi

    Dalam sebuah instansi, sebuah citra dibutuhkan untuk memperoleh opini yang positif dari publiknya. Maka dari itu, humas harus membuat beberapa strategi untuk meningkatkan citra instansi tersebut. Strategi yang digunakan merupakan suatu proses komunikasi. Sebab tanpa adanya komunikasi tidak mungkin akan terjadi interaksi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahuai strategi apa yang digunakan oleh Humas Dispora Kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan citra positif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menunjuk empat informan kunci sebagai sumber informasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, studi pustaka/literatur, observasi dan dokumentasi. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa strategi Media Relation Humas Dispora Kabupaten Bangkalan antara lain (a) By Serving the Media (melayani media), (b) By establishing a reputations for reliability (membangun reputasi untuk keandalan), (c) By supplying good copy, (d) By building personal relationship with the media. Kata Kunci : Strategi Humas, Public Relation, Citra Positif

    Abstraction

    In an institution, an image is needed to get a positive opinion from the public. Therefore, public relations must have several strategies to improve the image of the institution. The strategy is used for communication process. Because without communication there will be no interaction. The purpose of this research is to find out what strategies are carried out by the Public Relations Office of Bangkalan Regency in improving positive image. The method used in this research is descriptive qualitative. Researchers found four informants as the source of information. Researchers used interview methods, literature studies / literature, documentation for collecting data. The results of data processing indicate that the strategy of the Media Relations of the Public Relations Office of Bangkalan Regency are: (a) By Serving the Media, (b) By establishing a reputations for reliability, (c) By supplying good copy, (d) By building personal relationship with the media. Keywords: Public Relations Strategy, Public Relation, Positive Image

Detail Jurnal