Detail Karya Ilmiah
-
tindak tutur penjual semanggi dikawasan masjid nasional al-akbar surabayaPenulis : fandi achmad0Dosen Pembimbing I : muhtar wahyuni, S.sos,. M.ADosen Pembimbing II :netty dyah kurniasari,. S.sos, M.Med. KomAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tindak tutur yan dilakukan penjual saat melayani pembelinya. Dan subjek dari penelitian ini adalah penjual semanggi yang ada dikawasan masjid nasional al-akbar Surabaya itu sendri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi etnografi komunikasi, karena metode ini dapat menggambarkan, menjelaskan dan membangun hubungan dari kategori-kategori dan data yang di temukan. Hal ini sesuai dengan tujuan dari studi etnografi komunikasi untuk menggambarkan, menganalisis dan menjelaskan tindak tutur dari suatu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa tutur pada penjual semanggi ini sama dengan yang lain agar menjaga eksistensi makan tradisional di kota Surabaya yang sudah menjadi ikon kota Surabaya sendiri dengan menjaga tradisi penjual semanggi masing-masing. Kata Kunci : Tindakan Komunikasi, penjual, Etnografi Komunikasi
AbstractionPurpose of this research is for knowing how attitude which is the seller service the buyer. The subject from this research is semanggi’s seller who is in al-akbar national mosque of surabaya itself. Method which is use on this research is qualitative study of etnographi communication, because this method can illustration, explain, and build relantionship from categorize and data that find. This is match with the purpose from study etnographi communication for illustration, analyze, and explane behavior from a group. Result of research show that language to semanggi’s seller same with another to keep popular of traditional food in surabaya city that have been becoming icon surabaya city itself with keep tradition each semanggi’s seller. Key Words : Communocation Action, Seller, Etnographi Communication