Detail Karya Ilmiah

  • INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : Dahlia Sri Wahyuni
    Dosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi., S.sos. M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Pada era modern saat ini, dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari setiap daerah, terutama dalam mendorong sektor pariwisata yang dapat memberi pemasukan bagi pemerintah daerah dan mampu menyerap tenaga kerja. Salah satu media yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah dalam mempromosikan budaya dan pariwisata ialah dengan memanfaatkan media sosial yang ada di jaringan internet seperti instagram. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan instagram yang dilakukan untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bangkalan dan menganalisis isi dari aplikasi instagram. Penelitian menggunakan pendekatan mix methode yaitu dengan mengkombinasikan atau menggabungkan metode analisis isi dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan lima informan, Kemudian untuk menguji keabsahan data hasil wawancara menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instagram untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Bangkalan sudah dilakukan dengan baik oleh akun instagram. Dari hasil posting yang dilakukan oleh ketiga akun instagram tersebut yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi, diketahui bahwa foto yang di posting oleh masing-masing admin umumnya berfokus pada angel, caption, dan history. Kata kunci: Instagram, promosi, pariwisata, Bangkalan, caption, history.

    Abstraction

    In the modern era, it takes creativity and innovation from every region, especially in encouraging the tourism sector that can provide income for local governments and are able to absorb labor. One medium that can be used by local governments in promoting culture and tourism is by utilizing social media networks like instagram internet. The purpose of the research is the use instagram done to promote tourism in Bangkalan and analyze the contents of the application instagram. This research using mixed methods approach. Mix method used in this research is to combine or merge with the content analysis method interview method. The study used five informants to test the validity of interview data using triangulation. The results showed that the use instagram to promote tourism Bangkalan already done well. From the results of the post is done by third instagram account which is then analyzed using content analysis method, it is known that the photos posted by admin each generally focus on angel, caption, and history. Keywords: Instagram, Promotion, tourism, Bangkalan, caption, history.

Detail Jurnal