Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Bahari oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sampang
    Penulis : Syaifullah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Quraisyin, S.Pd.I.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Syaifullah. 120531100044. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya. Universitas Trunojoyo Madura. Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Bahari oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sampang. Pembimbing: Dewi Quraisyin, S.Pd.I.,M.Si. Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Bahari oleh Dinas, Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sampang” dengan latar belakang DISBUDPARPORA merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang kebudayaan dan kepariwisataan dan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan rumah tangga Pemerintah Daerah di bidang kepariwisataan. Diperlukan suatu langkah nyata dalam menjalin saling pengertian dan kepercayaan dengan berbagai pihak dalam mengenalkan potensi wisata dan menarik wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dasar deskriptif. Penelitian ini bersumber dari data primer yang langsung diperoleh dengan melakukan penelitian di kantor DISBUDPARPORA Kabupaten Sampang yang kemudian didukung dengan data sekunder yang berupa literatur-literatur sebagai pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggukan teknik triangulasi dimana peneliti mengecek data kepada sumber tetapi dengan teknik pengumpulan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipati dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwasanya strategi komunikasi pemasaran wisata bahari oleh DISBUDPARPORA Kabupaten Sampang terhadap peningkatan kunjungan wisatawan sudah berjalan sesuai dengan tujuan strategi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, strategi komunikasi pemasaran dibangun atas dasar tujuh indikator yaitu, strategi produk, strategi harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi, strategi karyawan, strategi fasilitas dan strategi proses. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut dikarenakan langkah-langkah DISBUDPARPORA Kabupaten Sampang dalam perencanaan strategi komunikasi pemasaran efektif dan efisien, seperti halnya pemilihan dan menetapakan target sasaran, management cycle dan memilih media/saluran. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, management cycle, DISBUDPARPORA

    Abstraction

    SYAIFULLAH. 120531100044. Communication Study Program. Faculty of Social and Culture Sience. Trunojoyo University Of Madura. The Marketing Communication Of Nautical Tourism By Tourism And Culture, Youth And Sport Department Sampang Regency. Advisor: Dewi Quraisyin, S.Pd.I, M.Si. The research entitled “The Marketing Communication Of Nautical Tourism by Tourism and Culture, Youth and Sport Department Sampang Regency” with the background DISBUDPARPORA as the organizer of the government in culture and tourism field and has duty to organize torism case in region government. It is needed a real way in wrething the understanding and credibility each other in recognizing tourism and interest visitor. This research uses a qualitative descriptive research design. This research is based on primary data which is taken by observing DISBUDPARPORA Sampang Regency and completed by secondary data such as literature as the proponent. The technique of collecting data is interview, observation and documentation. The research uses triangulation technique whose the researcher checks the data from the source and collects the data from the same source. The researcher uses a deepen interview, participated observation and documentation for the same source of data. Based on the result of the research, the marketing communication of nautical tourism by DISBUDPARPORA Sampang Regency toward the increase of tourist visitation has been running well and appropriate with the purpose of the strategy in increasing tourist visitation, the marketing communication is built based on some indicators such as, product strategy, pricing strategy, distributing strategy, promoting strategy, employer strategy, facilities strategy and processing strategy. The increase of tourist visitation is caused by the steps which is applied by DISBUDPARPORA Sampang Regency for the efective and eficient planning such as election and determine the target, management cycle, and media selection. Keywords: Marketing Communication, Management Cycle, DISBUDPARPORA

Detail Jurnal