Detail Karya Ilmiah
-
Peran Public Relations Duta Wisata dalam Mempopulerkan Pariwisata LamonganPenulis : Rate Iwatul AtekhoDosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi, S.Sos. M.ADosen Pembimbing II :-Abstraksi
Penelitian ini membahas Peran Public Relations Duta Wisata Dalam Mempopulerkan Pariwisata Lamongan, pada era modern seperti sekarang sangat dibutuhkan kreatifitas dan inovasi baru dari setiap daerah, terutama dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah yang nantinya dapat memberikan pemasukan bagi pemerintah daerah serta peluang kerja bagi masyarakat. Salah satu cara dalam mempopulerkan pariwisata Lamongan adalah dengan menggunakan Duta Wisata sebagai promotor daerah. Tujuan dari penelitian adalah Mendeskripsikan peran Duta Wisata untuk mempopulerkan pariwisata di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data-data berdasarkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan 11 infoman menganai peran Duta Wisata sebagai promotor dalam mempopulerkan pariwisata di Lamongan, yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan, dan 10 Duta wisata/Yak-Yuk Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Duta Wisata berfungsi sebagai promotor pariwisata Kabupaten Lamongan sudah dilakukan dengan baik oleh beberapa Duta Wisata Lamongan, namun peran tersebut tidak sepenuhnya di berikan kepada Duta Wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan, melainkan Duta Wisata melaksanakan peran tersebut dengan mengadakan kegiatan sosialisasi berkunjung ke desa terpencil dengan membagikan ilmu pengetahuan serta informasi tentang pariwisata di Lamongan dan peran Duta Wisata yang sebenarnya. Duta Wisata menggunakan media sosial sebagai sarana informasi dan promosi. Kata kunci : Peran Public Relations, Duta Wisata, Lamongan, promosi.
AbstractionThis study discusses the role of Public Relations Tourism Ambassador In Popularization of Tourism Lamongan, In the modern era as it is now a much-needed creativity and new innovations in every area, especially in developing regional tourism sector that will be able to provide income to local governments as well as employment opportunities for the community. One way in popularizing tourism Lamongan is to use a promoter region Tourism Ambassador. The purpose of the study is to describe the role of tourism ambassador to popularize tourism in Lamongan. This study used descriptive qualitative method to obtain data based on interviews, observation and documentation. Esearchers used 11 (eleven) informants Tourism Ambassador's role as a promoter in popularizing tourism in Lamongan, is the Head of Culture and Tourism Lamongan, and 10 (ten) travel Ambassador / Yak-Yuk Lamongan. The results showed that the role of tourism ambassador serves as a tourism promoter Lamongan already done well by some Lamongan Tourism Ambassador. But the role is not fully given to the Ambassador by the Tourism Department of Culture and Tourism Lamongan, but the Tourism Ambassador implement the exhibition held socialization a visit to a remote village to share knowledge as well as information on tourism in Lamongan and the actual role of Tourism Ambassador , Tourism Ambassador in addition to the use of social media as a means of information and promotion. Key word: Role Public Relations, Tourism Ambassador, Lamongan, Promotion.