Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS ISI IKLAN 40 TAHUN AQUA BERSAMA UNTUK INDONESIAPenulis : Yudhistira RomadhonDosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi, S.Sos., MA.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Pada era globalisasi saat ini dunia bisnis berlangsung dalam suatu konteks pemasaran, berkembangnya dunia bisnis yang kini kian marak, membuat persaingan antar perusahaan juga makin ketat. Iklan merupakan salah satu elemen yang sangat penting dan sebagai salah satu dari ujung tombak dalam menunjang keberhasilan pemasaran suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui isi dari sebuah Aqua itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Analisis Isi Kuantitatif. Dipilihnya metode tersebut bertujuan untuk menganalisis lebih detail apa saja isi yang terdapat dalam ketiga buah iklan aqua spesial edisi anniversery 40 tahun aqua bersama untuk Indonesia. Dalam penelitian ini tidak menggunakan informan disini penulis meneliti iklan dengan cara meng-koding iklan per adegan yang ditentukan per 2 detik untuk lebih mendetail dalam meneliti lalu dianalisis secara seksama potongan adegan-adegan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sebuah iklan banyak mengandung unsur-unsur iklan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sebuah iklan mengandung banyak unsur-unsur dalam sebuah iklan diantaranya unsur iklan, jenis iklan, syarat iklan yang baik dan gaya bahasa. Unsur-unsur iklan tersebut menunjukkan bahwa unsur tersebut sangat berpengaruh pada sebuah iklan untuk menarik minat konsumen untuk membeli suatu barang atau produk. Kata Kunci: Iklan 40 Tahun Aqua Bersama Untuk Indonesia,Gaya Bahasa, Analisis Isi
AbstractionIn the globalization era at this bussiness world continue in a marketing content. The development of business world which is more glow.Makes competition among companies also more thight. Advertisement is one of element which is very important and as one of point of lance in kicking of product markrting succesfully. The objective of this study is to know content of Aqua it self. The study used method approach of quantitative content analysis. Choosing that method is purposed to analyze more detail what content of 3 special aqua advertisemnd edition of 40 years anniversery aqua togther for Indonesia. In this study not use informan, here the writer analyze advertisemnt with coading advertisement each dialoge which is decided every 2 seconds for more detail in analyzingthen analyzed carefully cutting of that dialogues. The result of this study showed that in an advertisement there are many particulars which advertisemnt not many known by people in this study showed that in an advertisement contain many particular, kinds of advetisemnt, good advertisiment requtment and figurative language from that advertisemnt particular showed that the particular is very influnce to an advertisement to collect consument interest to buy the goods of product. Keywords : Aqua advertisement 40 years Aaqua together for Indonesia, Figurative language, Content analyses