Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Full Day SchoolTerhadap Religiusitas Pelajar di Smp-S Islam Terpadu Assalafiyyah
    Penulis : Misbahul Mustofa
    Dosen Pembimbing I : Bapak Hisnuddin lubis S.sos, M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Misbahul mustofa, 120521100106, sosiologi, Pengaruh Full Day School Terhadap Religiusitas Pelajar di Smp-S Islam Terpadu Assalafiyyah dusun Pambon, Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui religiusitas pelajar dalam full day school dengan pemaparan secara kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan informan pada pebelitian ini peneliti menggunakan metode purposive sampling, informan penelitian ini adalah siswa yang telah memiliki perubahan religiusitas sejak bersekolah di Smp-s islam terpadu Assalafiyyah, Metode pengumpulan data di dapatkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menngunakan reduction (reduksi data), display (penyajian data), Conclusion Drawing (verifikasi).Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik trianggulasi dengan sumber. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber yaitu suatu teori yang berusaha memahami suatu tindakan dengan tujuan dan factor penyebab tindakan tersebut dapat dilakukan. Melihat data yang di dapat, dapat di deskripsikan bahwa ada beberapa factor yang menyebabkan tindakan tersebut dilakukan oleh siswa di Smp-s islam terpadu assalafiyyah Brondong. Siswa dalam melakukan tindakan religius memiliki alasan bahwa pertama, tindakan tersebut dilakukan atas pertimbangan dan pilihan sadar dari nilai-nilai dan tujuan dari tindakan tersebut, tindakan ini disebut sebagai tindakan rasionalitas yang berorientasi pada nilai, kedua, tindakan religius dilakukan siswa atas sebuah kebiasaan dan rutinitas sehari-hari yang dilakukan oleh siswa tersebut, tindakan ini digolongkan pada tindakan tradisional. Adapun kegiatan di Smp-S Islam Terpadu Assalafiyah adalah Pengajaran yang bersifat keagamaan, Pengawasan dari guru selama sekolah, Ceramah-ceramah agama pada waktu jam sekolah, Dan Rutinitas tindakan kewajiban dalam agama. Dapat dikatakan bahwa kegiatan diatas telah berkolaborasi selama sehari penuh dan berjalan dalam waktu yang lama untuk membentuk karakter religious siswa di Smp-s islam terpadu assalafiyyah Brondong. Kata kunci: religiusitas, pelajar, full day school, tindakan sosial,

    Abstraction

    ABSTRACT Misbahul mustofa, 120521100106, sociology,Influence of Full Day School Against Student Religiosity in the Integrated Moslem Smp-S Assalafiyyah of Pambon Village, Brengkok Village, Brondong District, Lamongan Regency. This study aims to determine the religiosity of students in full day school with qualitative exposure descriptive using phenomenology approach, the determination of informants in this researcher using purposive sampling method, the informants of this study are students who have had a change in religiosity since school in Smp-S Islam Terpadu Assalafiyyah, Data collection methods obtained through interviews and documentation. While in the data analysis using reduction, display, Conclusion Drawing.in this research the researcher uses triangulation technique with source. The theory used in this research is the theory of social action Max Weber is a theory that seeks to understand an action with the purpose and factors that cause the action can be done, Viewing the data in the can, can be described that there are several factors that cause the action is done by students in Smp-S Islam Terpadu Assalafiyyah Brondong. Students in performing religious acts have a reason that first, it is exercised on the consideration and conscious choice of the values and objectives of the action, this action is called a value-oriented rationality act, second, religious actions done by students on a habit and daily routine conducted by the student, this action is categorized into traditional action. The factors causing the change in student religiosity in Smp-S Islam Terpadu Assalafiyyah Brondong is a religious teaching, supervision of teachers during school, religious lectures during school hours, and routine religious obligations. It can be said that the above factors have collaborated in shaping the religious character of the students in Smp-SIslam Terpadu Assalafiyyah Brondong. Keywords: religiosity, student, full day school, social action.

Detail Jurnal